Peraturan Bupati Banjar No.19 Tahun 2008 tentang Pakaian Dinas PNS di Lingkungan Pemkab Banjar

Nampak para pegawai berbaju seragam, ada yang warna khaki, ada yang waran biru muda, dan lain-lain tergantung dari SKPDnya masing-masing seperti Satpol PP pakaian dinas hariannya berbeda dengan Polisi Hutan apalagi dengan PDAM sebagai Badan Usaha Milik Daerah.

Pakaian Dinas adalah sebuah uniform yang mencerminkan kesatuan kelompok yang dapat meningkatkan disiplin, mempertahankan disiplin, semangat kerja, motivasi kerja, semangat kebersamaan dan jiwa korsa serta kesederhanaan Pegawai Negeri Sipil.

Untuk maksud tersebut dengan mengacu kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 60 Tahun 2007 tentang Pakaian Dinas PNS di Lingkungan Departemen Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah, pemerintah kabupaten Banjar telah mengundangkan sebuah Peraturan Bupati Nomor 19 Tahun 2008 tentang Pakaian Dinas Pegawai Negeri Sipil di LIngkungan Pemerintah Kabupaten Banjar dalam Lembaran Berita Daerah Kabupaten Banjar Tahun 2008 Nomor 19 pada tanggal 01 Juli 2008.

Berdasar perbup tersebut pakaian dinas di lingkungan pemkab terdiri atas :

a. Pakaian Dinas Harian (PDH)

b. Pakaian Sipil Harian (PSH)

c. Pakaian Sipil Resmi (PSR)

d. Pakaian Sipil Lengkap (PSL)

e. Pakaian Dinas Lapangan (PDL)

f. Pakaian Dinas Harian Camat dan Lurah

g. Pakaian Dinas Upacara Camat dan Lurah

PDH dipakai untuk melaksanakan tugas sehari-hari, kecuali bagi PNS gol Iva ke atas yang mendapat tugas tertentu boleh memakai PSH.

PSR dipakai untuk menghadiri upacara yang bukan upacara kenegaraan, menerima tamu luar negeri dan dipakai pada malam hari.

PSL dipakai untuk menghadiri upacara kenegaraan dan bepergian resmi ke luar negeri.

PDL dipakai untuk menjalankan tugas operasional dilapangan yang bersifat teknis.

PDU dipakai dalam melaksanakan upacara pelantikan dan upacara hari-hari besar lainnya.

Jumlah pegawai di KAbupaten Banjar pada saat ini sudah mendekati 7.150 orang, andaikata setiap PNS mendapatkan 1 stel PDH dan 1 stel baju hansip dengan perkiraan harga 1 stel bernilai Rp.350.000,- maka yang harus disediakan oleh APBD adalah 2 x Rp.350.000,- x 7.150 PNS = Rp.5.005.000.000,- sebuah nilai yang tidak sedikit.

About these ads

4 Komentar

  1. Kira-kira Kain jenis apa yang nilainya Rp.350.000 1 stel apakah kain yg pernah kami terima dulu, kalu sama kainnya yg dulu pa’ai, liwar banar pian semoga korupsinya semakin dtampak akan

  2. he he he . . . terima kasih atas atensinya, angka tersebut adalah ” andaikata” maka total yg harus disediakan oleh APBD adalah sebesar itu. Angka-angka tsb adalah suatu gambaran bahwa kalau semua pakaian dinas disediakan oleh pemerintah. Jadi mari kita do’akan semoga dananya ada dan dananya tidak dikorupsi. Dan mari kita awasi bersama-sama. Apalagi kalau pian sebagai PNS juga. Wassalam

  3. Seandainya standar saja harga 155ribu per stel (Kain 25rb / meter x 3 + biaya jahit 80rb). Maka 2 x Rp.155.000,- x 7.150 PNS = Rp. 22.16.500.000,- kalo dilihat dari realisasi APBD tahun 2007 lebih besar dari anggaran untuk BOS yang bernilai Rp.21.010.775.800,00 ck.. ck.. ck.. ck.. besar juga ya… hehehehe….. saya jadi inget dulu waktu jadi tenaga honor bisa diperbolehin bikin pakaian hansip sama PDH sendiri aja sudah bangga sekali serasa jadi PNS beneran…. nah sekarang pas sudah jadi PNS…. tetep bangga juga si.. :D

  4. Sama pak Samsul, saya juga dulu waktu masih honor, juga memiliki perasaan yang sama dan andaikata pemerintah memberikan PDH syukur alhamdulillah. Sebab sampai sekarang aku juga masih mencari jawaban “apakah pemerintah wajib menyediakan pakaian dinas bagi pegawainya ?”


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.