Dampak pembangunan Kantor Gubernur Kalsel yang baru

image0272

Senin, 11 Pebruari 2009, jam 11.00 sirine berbunyi sebagai tanda diawalinya pemancangan tiang pancang pertama pembangunan Kantor Sekretariat Daerah/ Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan di Kecamatan Cempaka , Kota Banjarbaru oleh Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Ariffin dengan disaksikan oleh Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, Muspida Kalimantan Selatan, DPRD Prop Kalsel, seluruh Bupati/Walikota Kalimantan Selatan, Para Alim Ulama dan Tokoh Masyarakat dan undangan-undangan lainnya.

Proyek ini dilaksanakan dengan sistem tahun jamak 2008/2009/2010 dengan nilai kontrak Rp.177.632.000.000,- yang akan dilaksanakan memakan waktu 720 hari kalender ditambah dengan masa pemeliharaan 180 hari kalender. Jadi total waktu selesai siap digunakan 900 hari kalender atau 30 bulan atau 2,5 tahun. Mulai sekarang dan 2,5 tahun ke depan dan seterusnya, tentu akan terlihat dan terasa dampaknya bagi Kota Banjarbaru yang langsung bersentuhan karena de facto berada di dalam wilayah Kota Banjarbaru, begitu juga bagi Kabupaten Banjar yang langsung berdampingan serta Kabupaten Tanah Laut. Tentu dampaknya adalah dampak positif atau menguntungkan bagi ketiga kabupaten/kota tersebut.

Yang pertama adalah akan terjadi perpindahan pegawai yang cukup banyak, dan ini akan mempunyai konsekwensi peningkatan jumlah arus lalu lintas Banjarmasin – Banjarbaru, juga akan banyak perpindahan penduduk dari Banjarmasin ke Banjarbaru dan Martapura khususnya para pegawai golongan menengah ke bawah. Yang kedua, akibat kondisi pertama terjadi tentu akan banyak memberi peluang usaha untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia terutama sandang pangannya serta fasilitas-fasilitas lainnya. Yang ketiga, dengan adanya pusat pemerintahan pemprov ini maka akan banyak tamu pula yang berkunjung ke pemprop baik tamu pusat maupun tamu dari provinsi lainnya, berarti peluang usaha lagi untuk mendirikan hotel-hotel dan restoran yang representatif di Banjarbaru dan Martapura. Mungkin masih banyak lagi dampak-dampak positif yang akan diterima oleh Banjarbaru, Banjar dan tala sebagai akibat adanya pola multiplier effect pembangunan Kantor Gubernur di Cempaka ini.

Namun dampak positif ini harus dipertegas dan disikapi dengan cermat oleh ketiga kabupaten kota tersebut, dan nampaknya mulai sekarang sudah harus mempertimbangkan kembali Rencana Tata Ruang Wilayahnya masing-masing untuk 10,20,30 tahun ke depan dan ini harus dilakukan bersama antara ketiga Kabupaten Kota tersebut, jangan sendiri-sendiri secara parsial. Mungkin akan lebih arif jika pemerintah provinsi sebagai orang tua dan pembina kabupaten/ kota untuk memprakarsainya.

Mari kita do’akan semoga cepat selesai dan segera memberikaan manfaat dan kemaslahatan bagi kita semua. Amin

5 Komentar

  1. sangat setuju, menyikapi kebijakan pembangunan kantor gubernur dengan kebijakan perubahan RTRW yang komprehensif dan integral antar Kabupaten dan Kota yang melingkupi Kota Banjarbaru. Otonomi tidak identik dengan ego regional tapi pelayanan publik yang lebih baik. Mudah-mudahan pihak Propinsi lebih arif mengajak untuk duduk satu forum membahas Kebijakan Perubahan RTRW ini. BRAVO PUBLIK.

  2. Ya, tinggal bagaimana caranya mengedapankan hal ini kepada pihak pemerintah provinsi dalam waktu yang tidak terlalu lama. Sebab dahulu sudah pernah ada perencanaan terpadu tentang Rencana Tata Ruang Pertumbuhan Cepat pada delta antara Jalan Lingkar Selatan dan Jalan A. Yani dengan dibiayai bersama antara pemprov+pemkab Banjar+pemko Banjarmasin+pemko Banjarbaru. Let’s wait n c !!!

  3. Apapun yang akan di bangun dan bertujuan untuk kepentingan masyarakat banyak di banua kita ( Kalsel), sudah selayaknya kita bersama mendukung dan kita sepandapat dengan pak Yusni perlunya penataan RTRW pada masing-masing kota/kabupaten secara komprehensif dengan pertimbangan jauh kedepan ya… 30 tahunan lah…., dan yang perlu dipikirkan lebih lanjut bagaimana mengatur supaya semua wilayah Kabupaten / Kota memperoleh dampak positif dengan pembangunan Kantor Gubernur di Banjarbaru ini, semisal orang banua 6 dan Kab. sekitar Banjarbaru akan lebih mudah berurusan ke kantor Gubernur karena jarak yang ditempuh akan lebih dekat, kecuali orang Kota Banjarmasin dan Kab.Batola akan lebih jauh dan ini perlu dipikirkan kemungkinan pembuatan jalan alternatif yang lebih dekat dan lebih baik serta lebih mulus heee, sehingga perubahan ini tidak menimbulkan dampak ego wilayah yg berlebihan, yang jelas mayoritas masyakat Kalsel sangat mendukung perubahan ini, apalagi dibaringi dengan peningkatan pelayan terhadap masyarakat banyak lebih diutamakan, semoga!!!

  4. Betul, mari kita membuka PJP Nasional 25 tahun ke depan Indonesia mau jadi apa dan mari kita lihat juga PJP Prov Kalsel akan membawa Kalsel kemana dan menjadi apa, apakah menjadi provinsi agro, atau kombinasi agro dan jasa mengingat Kalsel sebagai salah satu lumbung padi nasional tapi kalsel juga sebagai pintu gerbang Kalteng dan Kaltim dalam memandang pulau jawa sebagai daerah sumber pendapatan daerah yang patut sekali dipahami bahwa Kalsel itu luas wilayahnya paling kecil diantara provinsi yang ada di pulau Kalimantan (willayah Indonesia) tapi jumlah penduduknya terdapat diantara provinsi lainnya di Kalimantan. Kalau sudah ditetapkan kalsel mau jadi jadi maka seyogyanya setiap Kab/kota juga mereview kembali masing-masing PJP KAb/kotanya untuk menajamkan perencanaannya seiring dengan PJP Prov Kalsel. Semoga !!!!

  5. Untuk menambah wacana awal PJP Kalsel mau dibawa kemana , dari sekarang perlu dibuka wadah untuk menampung semua pemikiran kreatif warga banua dalam bentuk apa saja dari berbagai media, sehingga pembangunan ini menjadi milik kita bersama. Dan kalau boleh saran, Bapak Yusni sebagai motor memulai ini hee sesuai dengan latar belakang dan hobby Bapak membuat rencana besar yang terkadang belum terpikirkan oleh orang lain, kami yang lebih muda siap bersama-sama membantu bapak haa… nah dapat tantangan.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.