Musim Berburu (hunting season) Kerbau Rawa


Hari Raya Qurban adalah salah satu hari libur nasional di Indonesia dan hari itu adalah hari rayanya umat Islam di belahan bumi mana saja, termasuk di wilayah kabupaten Banjar. Menurut hukum syar’i dan yang lazim dijadikan dijadikan hewan korban di tempat kami adalah kambing dengan berbagai jenis kambing mulai kambing kacang, kambing etawa, domba, dst, juga sapi dengan berbagai jenis sapi mulai sapi bali, sapi donggala, sapi limosin, dst, dan tak jarang pula yang dijadikan hewan qurban adalah jenis kerbau khususnya kerbau rawa.

Kerbau rawa ini hampir sebagian besar hidupnya berada di daerah rawa, ada yang memang liar betul betul liar tanpa ada pemiliknya atau yang dilepas menjadi liar tapi ada pemiliknya, tentunya kerbau yang ada pemiliknya pasti ada ciri atau tanda kepemilikan.

Di Kalimantan Selatan, populasi ini berada pada kabupaten kabupaten yang memiliki daerah rawa antara lain KAbupaten Banjar, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah dan Hulu Sungai Utara.

Pada umumnya kerbau rawa ini diburu secara massal dalam jumlah yang relative banyak oleh orang banyak secara berkelompok adalah menjelang hari raya Idul Adha atau hari raya qurban. Untuk menangkap kerbau rawa tidaklah mudah perlu ketrampilan dan kekompakan kelompok/team-work, sehingga berburu kerbau rawa ini dijadikan event tetap pariwisata yang biasanya dilaksanakan pada peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Republik Indonesia 17 Agustus 1945.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s