Mudik Bareng Bersama PNS Kabupaten Banjar

Pelepasan Angkutan Mudik Bareng PNS Kabupaten Banjar

Tanggal 28 Oktober 2008

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya membantu pelayanan kesejahteraan bagi PNS berupa angkutan mudik lebaran PNS dan keluarga ke kampong halaman, sedangkan tujuannya adalah untuk membantu meringankan biaya transportasi yang semakin hari semakin mahal khususnya menjelang lebaran dan juga merupakan upaya meningkatkan disiplin pegawai yang berlebaan dikampung halaman agar masuk kerjanya tepat pada waktunya sesuai ketentuan.

Tujuan kota Barabai = 79 orang

Tujuan kota Amuntai = 24 orang

Tujuan kota Rantau/kandangan = 71 orang

Tujuan kota Tanjung/Paringin/Kalua = 27 orang

Angkutan yang digunakan adalah 2 (dua) buah bus milik pemkab yang dikelola Dinas Perhubungan, karena kapasitas busnya kecil maka pemberangkatan dilaksanakan dengan 2 kelompok, pagi dan siang. Adapun penjemputan dilaksanakan dengan 3 tahap, karena biasanya kalau pulang pasti banyak membawa oleh oleh dan sembako dari kampung halaman, yaitu tanggal 3, 4 dan 5 Oktober 2008.

Banyak hal bisa diperoleh dari kegiatan mudik bareng ini, yang pertama adalah akan terjalinnya kembali hubungan keluarga dan silaturahmi di kampung halaman sehingga semakin kokohlah ikatan kekeluargaan mereka yang tinggal di kampung dengan yang tinggal di kota. Yang kedua, terjadinya capital outflow kalau mau menggunakan istilah ekonomi, tidak sedikit uang yang di belanjakan dikampung halaman mungkin berupa tabungan baik itu tabungan milik orang tua dan anak anak, mungkin juga berupa zakat, sadaqah, infak dan lain-lain. Kesemua ini akan memutar roda ekonomi kampung, kembali memakai istilah ekonomi, bahwa mudik lebaran adalah berfungsi sebagai multyplier effects.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H, minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s