Undang Undang No. 18 Tahun 2008 ttg Pengelolaan sampah (seri 3)

Kewajiban Pengelolaan sampah

Pasal 12; 13;19;20;22

Undang Undang No. 18 Thn 2008

Setiap orang dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga, wajib mengurangi dan menangani sampah dengan cara yang berwawasan lingkungan. Ketentuan lebih lanjut mengenai tatacara pelaksanaan kewajiban pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga diatur dengan peraturan daerah.

Pengelola kawasan permukiman (kawasan permukiman dalam bentuk klaster, apartemen, kondominium,asrama dan sejenisnya), kawasan komersial, kawasan industry, kawasan khusus, fasilitas umum, fasilitas social, dan fasilitas lainnya wajib menyediakan fasilitas pemilahan sampah yang diletakkan pada tempat yang mudah dijangkau oleh masyarakat. Pemilahan sampah dilakukan dengan metode yang memenuhi persyaratan keamanan, kesehatan, lingkungan, kenyamanan dan kebersihan.

Pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga terdiri atas pengurangan sampah dan penanganan sampah.

Pengurangan sampah dimaksud meliputi kegiatan pembatasan timbulan sampah, pendauran ulang sampah dan pemanfaatan kembali sampah. Sedangkan penanganan sampah dimakasud meliputi :

a. pemilahan dalam bentuk pengelompokan dan pemisahan sampah sesuai jenis, jumlah, dan atau sifat sampah

b. pengumpulan dalam bentuk pengambilan dan pemindahan sampah dari sumber  ke TPS atau tempat pengolahan sampah terpadu

c. pengangkutan dalam bentuk membawa sampah dari sumber dan/atau dari TPS atau dari tempat pengolahan sampah terpadu menuju ke tempat pemrosesan akhir

d. pengolahan dalam bentuk mengubah karakteristik, komposisi, dan jumlah sampah agar sampah dapat diproses lebih lanjut, dimanfaatakan, atau dikembalikan ke media lingkungan secara aman bagi manusia dan lingkungan.

e. pemrosesan akhir sampah dalam bentuk pengembalian sampah dan/atau reisdu hasil pengolahan sebelumnya ke lingkungan secara aman.

Sudahkah semua pemerintah Provinsi/Kabuapten/Kota membuat PERDA ttg Tata Cara Pengelolaan Sampah  ? Kapan lagi ? Kalau ada yang sudah dan implemented , tolong imformasikan agar semua dapat belajar.

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s