Hari Raya Idul Fitri 1429 H di Martapura

1 Syawal 1429 H

Kapanpun jatuhnya dalam tahun masehi, tetap pada hari itu umat Islam di dunia merayakan Hari Raya Idul Fitri, begitu di Kabupaten Banjar yang penduduknya hampir 99 % beragama Islam.

Event tetap yang terjadi di MARTAPURA sebagai Ibukota Kabupaten Banjar, setiap tahun di malam lebaran dilaksanakan malam takbiran berkeliling kota dan oleh Pemerintah Kabupaten Banjar dilaksanakan festifal bedug yang dimotori oleh Kantor Kebudayaan dan Pariwisata.

Festifal kali ini tahun 2008, dilaksanakan untuk tingkat propinsi se Kalimantan Selatan bekerja sama dengan Harian B. Post, pesertanya dari masing masing Kabupaten /Kota setidaknya satu regu, dan seluruh Kecamatan di wilayah Kabupaten Banjar yang jumlah 17 kecamatan juga mengirim minimal 1 regu , seleksinya dilaksanakan pada bulan ramadhan setelah sholat tarawih, untuk grand finalnya yang terdiri dari 6 (enam ) regu dilaksanakan pada malam hari raya. Pada malam itu seluruh pejabat di Kabupaten Banjar menghadirinya mulai dari Bupati beserta Istri, Wakil Bupati beserta istri, Muspida beserta istri, Ketua DPRD beserta istri, Sekda dan seluruh Kepala SKPD beserta masyarakat luas . Pada malam itu pula diperebutkan piala bergilir Bupati Banjar dan piala tetap Bupati Banjar.

Sambil berjalan festival bedug di Lapangan Cahaya Bumi Selamat, masyarakat tumpah ruah di sekitar lapangan CBS dengan segala kegembiraannya, dan salah satu satu bentuk luapan kegembiraannya adalah mercon/petasan dan kembang api yang menyemarakkan langit di atas kota Martapura.

Esok paginya berbondong bondong masyarakat dengan berjalan kaki, naik sepeda, sepeda motor, mobil semuanya nampak bergembira . . . tentunya dengan baju baru, pokoknya serba baru !!! . . . . . . ada yang ke mesjid ada yang ke lapangan terbuka.

Setelah bubar sholat Ied, berbondong bondong pula masyarakat menuju Mahligai Sultan Adam untuk bersilaturahmi dengan Bupati Banjar beserta Keluarga yang menjadi tradisi setiap Bupati Banjar bahwa setiap Hari Raya Ied dan  Hari Raya Qurban selalu melaksanakan opeh house untuk silaturahmi dengan masyarakatnya dan seluruh karyawan karyawati berikut seluruh pejabatnya.

Hari ke 2 atau 2 Syawal, Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Muspida dan Sekda , semuanya beserta istri, secara berombongan bersilaturahmi ke Kediaman Gubernur, Wakil Gubernur, Danrem, Kapolda, Kajati, Ketua DPRD Propinsi.

Sungguh elok tradisi ini, karena menjadi ajang silaturahmi dan temu kangen, dll.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s