Wisuda Akper Intan Martapura Angkatan VI 2007/2008

Wajah sumringah dan bungah nampak pada wisudawan wisudawati berlalu lalang di lobby Hotel Arum Banjarmasin, ada yang menunggu antri di muka lift dengan pakaian toga didampingi orang tua, sanak saudara, teman, sahabat dan kolega.

Hari ini Kamis tanggal 09 Oktober 2008 jam 09.00 acara Wisuda Akper Intan Martapura Angkatan VI tahun 2007/2008 sebanyak 91 orang wisudawan/wisudawati , dari 91 orang tersebut hanya 10 % yang berasal dari Kabupaten Banjar, sisanya berasal dari Kabupaten/kota di provinsi Kalimantan Selatan dan Tengah.

Dalam acara tersebut Sekda Kabupaten Banjar mewakili Bupati Banjar untuk mengambil Sumpah dan mewisuda para lulusan Akper Intan tersebut, memberikan arahan bahwa keberhasilan suatu daerah otonom baik itu provinsi, Kabupaten/kota tidak diukur dari banyaknya gedung bertingkat yang dibangun atau banyaknya tugu tugu peringatan yang didirikan, melainkan yang patut diukur adalah keberhasilan meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia). Dimana IPM dilihat dari 3 (tiga) aspek, pertama aspek kesehatan yang salah satunya adalah seberapa tinggi umur harapan hidup yang saat ini di provinsi Kalimantan Selatan masih 62,6 tahun, masih dibawah nasional bahkan juga lebih rendah dari provinsi tetangga yaitu Kalimanan Tengah 70,6 tahun. Aspek kedua dilihat dari aspek pendidikan, dan ketiga dari aspek seberapa besar pendapatan masyarakat per kapita.

Disinilah nampak korelasi peran Akper Intan Martapura dalam turut serta menyumbang peningkatan IPM di Kabupaten Banjar, dimana para perawat yang professional menjalankan tugas pengabdiannya di masyarakat dengan penuh iman dan taqwa. Kepada jajaran Akper Intan diminta agar dalam membimbing mahasiswanya selalu memperhatikan kesesuaian peralatan praktek dengan yang umum dipakai saat ini dirumah rumah sakit atau pada klinik klinik , boleh dikatakan yang up to date lah sehingga dikala para lulusan Akper sudah bekerja tidak perlu belajar lagi untuk penyesuaian.

Khusus kepada para wisudawan/wisudawati ditekankan bahwa dalam melaksanakan tugas keperawatan, ilmu pengetahuan dan keahlian serta ketrampilan masih belum cukup untuk dapat membantu mempercepat proses penyembuhan pasien yang sakit tapi masih perlu dan bahkan cukup berperan dalam proses penyembuhan adalah sikap ramah tamah dan ketulusan hati dalam melaksanakan tugas serta mendo’akan pasiennya agar cepat sembuh.

Akhirnya diucapkan selamat kepada para wisudawan/wisudawati yang telah menyelesaikan masa pendidikan dengan hasil yang memuaskan dan juga kepada para orang tuanya. Dan juga kepada Jajaran civitas akademika serta para dosen diucapkan terima kasih atas segala kerja keras dan pengabdiannya dalam mencetak para perawat selama ini. Sukses Akper Intan.

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s