e-Government Award 2008

Good Governance . . . . . .the most popular word in Indonesia . . . . . . . tidak hanya pemerintah pusat dengan departemennya yang lagi getol getolnya berusaha untuk menggapai kondisi good governace dalam lingkungannya masing masing bahkan sampai tingkat pemerintah propinsi, kabupaten/kota tidak ketinggalan dalam menyiapkan program program perencanaan menuju era good governance.

Good Governance dapat dicapai dengan cara transparansi, akuntabilitas, efisiensi dan efektifiktas  dalam suatu keseimbangan peran dan interkoneksi diantara 3 (tiga) pilar utama kepemerintahan yaitu state (pemerintah), society (masyarakat) dan stakeholders.

Untuk mendapatkan efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas, untuk saat ini nampaknya adalah dengan cara merubah pola interaksi pemerintah dari pola interaksi manual kearah interaksi digital melalui e-Government . Sehingga berlomba lomba lah pemerintah dalam pelayanan publiknya menggunakan system elektronik (Tekonologi informatika). Namun sampai saat ini baik pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota belum ada yang secara penuh beralih ke e-Gov tapi baru spot spot saja seperti pada pelayanan KTP, Pertanahan, Perijinan, lelang, dll.

Good Governance melalui e-Gov ini sangat diharapkan terlaksana oleh masyarakat dan para stakeholder bahkan Jajaran Warta e-Gov pun turun berperan memacu agar semua lini pemerintahan terlibat aktif bergerak kearah e-Gov melalui e-Government Award 2008 .

Dalam seleksi awal (tahap I) yang lolos masuk tahap final adalah sebagai berikut :

Katagori Kabupaten/kota :

1. Kota Yogyakarta

2. Kota Malang

3. Kota Denpasar

4. Kab. Sumenep

5. Kab. Sleman

6. Kab. Bojonegoro

7. Kab. Gunung Kidul

8. Kab. Kendal

9. Kab. Demak

10. Kab. Jembrana

11. Kab. Pasuruan

12. Kab. Banjar

13. Kab. Sinjai

14. Kota Surabaya

Katagori Propinsi :

1. Jawa Timu

2. Kalimantan Barat

3. Jawa barat

4. Nusa Tenggara Timur

5. Sulawesi Selatan

6. Kepulauan Riau

Katagori Departemen dan Kementrian :

1. Dept. Pekerjaan Umum

2. Kementrian Negara Riset&Teknologi

3. Dept. Pertanian

4. Dept. Perindustrian

5. Dept. Kelautan&Perikanan

6. Dept. Kesehatan

7. Kementrian Negara Koperasi&UKM

8. Kementrian Negara BUMN

Katagori Lembaga Non-Departemen :

1. Badan Pengawas Obat dan Makanan

2. Badan Tenaga Nuklir Indonesia

3. Badan Pertanahan Nasional

4. Badan Koordinasi Penanaman Modal

Katagori Direktorat Jenderal :

1. Perkebunan

2. Mineral, Batubara & Panas Bumi

3. Imigrasi

4. Minyak & Gas

5. Hak Kekayaan Intelektual

Untuk babak final katagori kabupaten/kota, para finalis berlaga melalui diskusi dan wawancara di Jakarta antara para finalis dengan tim juri. Untuk Kabupaten Banjar di wakili oleh Sekda Kabupaten Banjar Ir. Yusni Anani. Mpd, Kabag Pembangunan M. Rusdi, ST, MT dan Tim TIKDA Kabupaten Banjar yang diwakili oleh staff Bag. Pembangunan Syamsul Ramli. Pada Kesempatan wawancara tersebut Sekda Banjar menjelaskan bahwa di Kabupaten Banjar baru dalam tahap awal masuk ke era e-Gov melalui www.Banjarkab.go.id sebagai salah satu media informasi komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat dan stakeholder, dan e-procurement sebagai system baru dalam tata cara pengadaan barang dan jasa. Kenapa baru 2 (dua) sub system e-gov ini yang dipilih ? . . . . . .jawabnya adalah secara filosofis interaksi dan komunikasi dapat berjalan lancar dan berhasil serta berdaya guna apabila kedua belah pihak pada kedudukan dan kemampuan yang sama dalam memakai dan memahami media interaksi dan komunikasi yang digunakan. Dalam hal ini pihak pertama adalah pemerintah Kabupaten Banjar dan jajarannya serta media interaksi dan komunikasinya telah siap sementara stakeholder yang terlibat dalam proses penyediaan barang dan jasa dalam hal ini adalah panitia lelang dan para pengusaha juga siap dan disiapkan melalui sosialisasi dan bintek serta disiapkan sarana konsultasinya.

Dengan e-proc yang baru dimulai pada bulan Mei 2008 samapai dengan saat ini telah berhasil dilelang sebanyak 168 paket pekerjaan dengan penghematan anggaran hampir 10,2 M dan terjadi percepatan waktu lelang yang kalau menurut standard secara manual diperlukan waktu 36 hari , dengan menggunakan e-proc dapat diselesaikan rata rata 20 hari, bahkan ada salah satu paket diselesaikan dalam jangka waktu 15 hari.

Dalam e-proc ini semua SKPD di lingkungan pemkab Banjar ikut melaksanakannya, bahkan Kejaksaan Negeri Martapura, Pengadilan Negeri Martapura dan KPUD serta PDAM juga memanfaatkana e-proc Kab. Banjar.

Banyak keuntungan yang diperoleh dalam pelaksanaan e-proc di kabupaten Banjar, ada yang dapat dinilai dengan uang antara lain dari pihak pemkab Banjar terjadi penghematan anggaran antara 10 % sampai dengan 15 % dari nilai pagu kegiatan yang dianggarkan dalam APBD, dari pihak rekanan para pengusaha terjadi penghematan pengeluaran biaya administrasi dokumen lelang,Site Orientation Tour (SOT), dan biaya transportasi. Namun ada juga keuntungan yang tidak ternilai dengan uang yaitu dari pihak pemkab Banjar antara lain, meningkatnya kepercayaan (trust) dari para pengusaha terhadap pemkab dalam hal ini panitia lelang, terhindarnya interfensi oleh pihak luar dan pihak dalam kepada panitia lelang, menutup peluang KKN , terhindarnya kebiasaan arisan proyek, dll. Dari pihak pengusaha, adanya keyakinan bahwa terjadi lelang yang fair (jujur dan adil) karena adanya kesempatan yang sama dalam peluang untuk menang lelang.

Tahun 2009 yang akan datang akan diperluas cakupan SKPD yang ikut lelang baik di lingkup pemkab Banjar, maupun instansi vertical di wilayah Kabupaten Banjar.

Iklan

1 Komentar

  1. Lelang di internet memang bagus demi menjalankan efektifitas dan efisiensi. Namun, kalau lelang seperti ini masih saja direcoki dengan seetoran-setoran siluman sebagaimana lelang reguler, sebagai katebelece memenangkan lelang, ya tetap saja korupsi itu terjadi. Pendeknya, untuk memberi label lelang sistem e-proc jujur dan adil, pejabat mesti puasa menerima setoran 5, 10, 15 atau 20 persen dari nilai proyek. titik.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s