Sumpah Pemuda 2008

Selasa pagi 28 Oktober 2008 lapangan Cahaya Bumi Selamat tampak berbaris para pegawai negri sipil yang berasal dari dinas, badan, kantor, para guru, siswa siswi SD, SMP dan SMA serta mahasiswa Akper, Akbid, para pemuda yang tergabung dalam berbagai organisasi kepemudaan, pramuka, mengikuti apel peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Dengan Inspektur Upacara Bupati Banjar, acara mengalir begitu lancar sampai tak terasa apelpun usai dengan terlihat para peserta upacara membubarkan diri masing-masing ada yang kembali bekerja ke kantor, ke sekolah, dll yang jelas kembali keaktivitas kesehariannya.

Fenomena ini berulang dari tahun ke tahun dengan kejadian yang sama tanpa ada memberi bekas yang bermakna, apakah ini karena sumpah pemuda sudah berumur 80 tahun ? sehingga suasana kejiwaan yang begitu menggelora pada tahun 1928 tidak mempunyai daya sentuh dan getar lagi dalam hati sanubari jiwa masa kini pada era ini yang bergelut dengan ketidak pastian mau apa dan jadi apa nantinya setelah hidup dewasa nanti.

Adakah lagi getar pesona sumpah pemuda dalam jiwa pemuda saat ini ? jawabnya masih ada dan masih besar, namun yang mereka hadapi saat ini bukanlah lagi penjajah dengan politik pecah belah yang dilawan dengan semangat persatuan, tapi saat ini pemuda bergulat dengan lawan yang tak terlihat dan tak terbaca oleh mata zahir, mereka menghadapi lawan yg sangat tangguh yang tidak dapat dipastikan siapa dan bagaimana bentuknya serta kapan datangnya juga tak terduga.

Adakah keputus asaan dalam jiwa mereka ? jawabnya tidak ada ! sekali lagi tidak ada ! mereka hadapi semuanya dengan segala keterbatasan yang mereka miliki walaupun kadang muncul rasa masgul, masih mampukah menghadapi hari esok !

Bangunlah wahai pemuda !! Tuhan besertamu. . . . engkau tidak sendirian berjuang, masih banyak pemuda pemudi yang berjuang bersamamu . . .apakah secara sendiri-sendiri maupun berkelompok.

Sampai jumpa pada sumpah pemuda 2009 yang akan datang.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s