Caping – Tanggui – Tutudung

Sebuah produk local yang dibuat masyarakat di desa untuk tutup kepala dengan caping yang lebar guna melindungi dari silau serta sengatan matahari siang dari bahan kajang atau purun atau daun rumbia. Harganya di pasar local entah itu pasar kota, pasar kecamatan atau pasar desa semua mirip-mirip saja sekitar Rp.4.500,- per buah.

Kerajinan tangan ini dapat berupa tutup kepala atau dengan istilah local “tanggui” ternyata dengan inovasi yang kreatif dan sedikit sentungan seni air guci maka hasilnya menjadi jauh berbeda, berbeda designnya berbeda harganya bahkan beberapa kali lipat, hasil kreasi tadi kalau masuk pasar seni atau toko kerajinan atau dalam pameran seni menjadi Rp. 150.000,- untuk ukuran sedang.

Dengan mengharap dari Dinas Perindustrian dan Dinas-dinas lain yang dapat membantu , bahakan mungkin Tim Penggerak PKK Kabupaten dapat memberikan bimbingan dan membantu pemasarannya. Yang diharapkan oleh pasar, baik itu pasar local ataupun pasar nasional/internasional adalah kualitas yang baik dan kontinyuitas produk walaupun secara periodic, entah itu mingguan ataupun bulanan, yanag terpenting adalah kesepakatan kuota dapat dijaga sesuai kontrak.

Iklan

2 Komentar

  1. Mungkin lebih unik juga kalau sisi caping souvenir diberi tulisan khas banjar, seperti ‘waja sampai kaputing’ atau sejenisnya. Karena saat ini jarang orang membeli caping untuk dipakai, melainkan lebih banyak untuk dipajang…

  2. Sebuah saran yang akan menjadi masukan untuk design yang menarik, terima ksih.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s