Sate Domba Afrika

Sate atau kadangkala ditulis satay atau satai adalah makanan yang terbuat dari potongan daging (ayam, kambing, domba, sapi, babi, ikan, dan lain-lain) yang dipotong kecil-kecil,dan ditusuki dengan tusukan sate yang biasanya dibuat dari bambu, kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Sate kemudian disajikan dengan berbagai macam bumbu (bergantung pada variasi resep sate).

Itulah pakem sate, namun ada sate yang menyalahi pakem sebagaimana layaknya sate yang umum di Indonesia, yaitu sate domba afrika. Dari sisi rasa tidak kalah kalah jauh dengan sate kambing yang terkenal di mana-mana, dagingnya empuk seperti daging kambing muda.

image073

Penyimpangan dari pakem satenya adalah bahwa 1). Dagingnya tidak dipotong kecil-kecil melainkan potongan hampir 1 sampai 1,5 ons tanpa ada tusuk satenya dipanggang di atas bara api yang terbuat dari arang.

2). Penyajiannyapun otomatis tanpa ada terlihat tusuk satenya, tapi potongan daging domba yang sudah masak tadi itu dipotong-potong kembali seukuran umumnya sate yang umum di Indonesia namun diberi racikan bawang Bombay yang besar-besar.

image0743

3). Penyerta makan sate yang umum di Indonesia ialah kalau tidak nasi putih, pasti longtong atau ketupat pilihannya, tapi inilah membedakan dengan sate umumnya yaitu pisang goreng.

Inilah wisata kuliner yang kutuju setelah selesai penerimaan Penghargaan Khusus untuk lembaga pemerintah yang mengaplikasikan e-procurement terbaik pada malam tanggal 041108, lokasinya di Jalan Gajah Mada berseberangan dengan Holand Bakery Jl. Hayam Wuruk Jakarta.

Iklan

4 Komentar

  1. Sate Domba?
    duhh… saat ini bagian dari domba yang saya gunakan dan nikmati cuma baru kulitnya, itu pun sudah berubah menjadi jaket.

    enak ga Pak? nampaknya sih enak..
    terus.. bawa sate dombanya yang siap santap tapi dibungkus ga?
    saya mau kok, walau disuruh ngambil ke mtp. hehehehe…

    ralat Pak, ga jadi, saya ga makan daging lagi.. duhhh..
    😦

  2. He he he . . . . sate domba afrika itu sudah direkomendasikan “uueeenak tenan ! dan jangan khawatir soal kolesterol, trigliserid ataupun asam urat . . . .cukup satu tablet CRESTOR 20 mg setelah makan 1 atau 2 porsi sate domba afrika !
    Crestor itu aman tanpa efek samping menurut dokter spesialis penyakit dalam yang memberi aku obat itu, namun harganya agak mahal yaitu Rp.20.000,-/tablet karena belinya eceran , walaupun di apotik juga. Coba aja ya ! ! !??…..

  3. nampaknya nih sate domba, mau dong……….

  4. Selain di jl. hayam Wuruk, ada juga dibuka cabangnya di jl.tebet barat dalam raya. Selamat menikmati. Wassalam


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s