Musda VII Perbakin Kalimantan Selatan Tahun 2008

Musyawarah Daerah PERBAKIN Kalimantan Selatan tahun 2008 ini dilaksanakan pada hari Sabtu tangal 20 Desember 2008 dengan mengambil tempat di Wisma Bhayangkara Polda Kalsel. Dalam acara tersebut yang dibuka oleh Bapak Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, berlangsung mulai jam 09.00 pagi sampai sore hari.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Pengda Perbakin Kalimantan Selatan Periode 2004-2008 Drs.H.D. JACKIE (Waka Polda Kalsel), banyak tantangan , baik dari dalam maupun dari luar, dan permasalahan keterbatasan financial, namun roda organisasi dan semua kegiatan dapat berjalan dengan baik berkat adanya kebersamaan Pengurus dan seluruh anggota Perbakin di Kalimantan Selatan.

Banyak prestasi yang telah dicapai dalam periode 2004-2008 ini, antara lain :

Bidang Organisasi, sampai dengan akhir Desember 2008 ini telah terbentuk 9 Pengcab dari 13 Kabupaten/Kota di Kalsel dan 28 Perkumpulan Menembak.

Bidang Target/Tembak sasaran, dalam PON XVII di Kaltim, telah disumbangkan 19 medali yang diantaranya 9 Medali Emas, 3 Medali Perak, dan 9 Medali Perunggu.

Bidang Berburu, banyak dilakukan perburuan hama babi hutan dengan bekerja sama saling bahu membahu bersama masyarakat yang memohon kepada Pengda Perbakin.

Dalam musda ini acaranya tersusun rapi, dengan diawali acara Pembukaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya,laporan Ketua Panitia, sambutan-sambutan, dimulai dari Ketum Pengda Perbakin Kalsel, Ketum Koni Prov Kalsel, Wagub Kalsel sekaligus membuka musda, pembacaan do’a dan diakhiri dengan menyanyikan lagu Mars Patriot Olah Raga.

Selesai acara pembukaan dilanjutkan dengan peninjauan pameran senjata baik produk local maupun produk luar negeri, dalam pameran ini (kebetulan aku mendapat mandat mewakili pengcab Banjar) yang aku sangat tertarik adalah sebuah senjata jenis revolver untuk tembak reaksi, kualitasnya bagus, begitu aku melihat aku langsung teringat dengan senjatanya Dirty Harry, entah type atau apa yang jelas ada tulisan magnum !

Sidang Pleno Pertama, awalnya cukup rame dan alot dalam menentukan urutan acara dan pimpinan siding, namun akhirnya setelah terpilih pimpinan sidang maka acara berjalan lancar, dengan dimulai dibacakannya Laporan Umum dan Pertangung jawaban Pengurus Perbakin Kalsel Periode 2004-2008 yang dalam hal ini dibacakan langsung oleh Ketum yaitu Drs .H.C. Jakcie yang secara bergiliran masing-masing Pengcab menyatakan menerima seluruh laporan dan pertanggungan jawaban pengurus tersebut.

Dalam Sidang Pleno Kedua, dibentuk komisi-komisi A,B, dan C, yang masing-masing membidangi Organisasi, Target/Tembak Sasaran dan Berburu, dengan diberi waktu Cuma 1 (satu) jam, komisi melaksanakan rapat untuk memberikan rekomendasi-rekomendasi yang akan dilaksanakan oleh pengurus perbakin yang akan terbentuk nanti, yang menarik dalam rekomendasi kali ini adalah pengda diharapkan melaksanakan kejurda menembak khusus pelajar dan mahasiswa, meningkatkan kualitas pelatih yang ada dan melaksanakan rekrutmen pelatih-pelatih baru.

Sidang Pleno Ketiga, setelah diplenokannya hasil rapat-rapat komisi dan telah disetujui bersama, maka acara dilanjutkan dengan pemilihan formatur sebanyak 3 (tiga) orang yang diambil masing-masing satu orang mewakili pengda, satu orang mewakili pengcab dan satu orang lagi mewakili club. Setelah formatur terpilih, maka tim formatur bersidang dan akhirnya pada Musda VII ini terpilih kembali Drs.H.D. Jackie sebagai Ketua Umum dan Herman Chandra sebagai Ketua Harian untuk memimpin Pengda Perbakin Kalimantan Selatan Masa Bakti 2008-2012, keduanya diberi waktu 1 minggu setelah terpilih untuk menyusun pengurus secara keseluruhan.

Bravo PERBAKIN KALSEL 2008-2012 !!!

13 Komentar

  1. Mau jadi Anggota Perbakin….gmna caranya Thanx
    Hp 0811515109

  2. Caranya mendaftar ke masing-masing pengcab di kabupaten/kota dimana anda berdomisili. Adapun yang harus dilengkapi syarat administrasinya : 1. Surat Keterangan Dokter; 2. SKCK dari kepolisian setempat; 3. Fotocopy KTP; Paspoto berwarna latar belakang merah ukuran 2×3=4 lembar + 3×4=4 lembar + 4×6=4 lembar; 5. Membayar biaya administrasi untuk Kartu Anggota dan keanggotaan club menembak setempat. Selamat bergabung ! Wassalam

  3. Tambahan informasi untuk Mas Didi Wahyudi, silahkan kunjungi http://www.perbakin.org untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Wassalam

  4. Sekedar info dan pengharapan,kiranya anggota perbakin dapat melakukan peburuan babi di desa Salino kab.Kotabaru dan sekitarnya, karena sangat merusak tanaman masyarakat baik berupa pisang dll tanaman yang menjadi tumpuan sumber kehidupan masyarakat.Jika ini direspon masyarakat akan sangat berterima kasih dan bisa bekerja sama dalam pelaksanaannya.Trima kasih atas responsnya.

  5. Terima kasih informasinya dan akan lebih cepat kemungkinan terealisasikan jika ada sepucuk surat permohonan dari masyarakat desa melalui pihak kecamatan untuk disampaikan kepada Pengcab Perbakin Kotabaru dengan tembusan Pengda Perbakin Kalimantan Selatan. Wassalam

  6. untuk cabang berburu ingat sapta etika dan 23 janji pemburu, dan yang boleh diburu hanyalah hama pertanian babi hutan dan bajing, tikus ..semoga PB jadi panutan pelestarian satwa liar baik dilindungi maupun tidak.

  7. Terima kasih Mas Bambang untuk diingatkan. Salam untuk keluarga.

  8. salam,
    seandainya ada waktu mohon browse ke http://www.kapanlagi.com/h/kancil-dikonsumsi-di-kotabaru.html dan http://groups.yahoo.com/group/lingkungan/message/39554
    karena sbg mantan atlit Perbakin saya tetap merasa terpanggil untuk mengamalkan sapta etika terutama angka 3 , 6 dan 7. dan pada 23 pasal kesanggupan pemburu nomor 6 dan 15.
    walaupun yg melakukan perburuan adalah warga yg bukan anggota Perbakin , bagaimana tanggapan bapak.
    saya hanya ambil diskusi hal ini dari http://www.kompasforum.com sub lingkungan ggw. dan http://www.fishyforum.com sub outdoor hunting. saya pernah mencoba menggali potensi pelestarian satwa liar di http://www.indoft.com namun mendapat jalan buntu karena membernya merasa saya stop hobby buru bunuh yg sudah mendarahdaging?
    demikian dan mohon solusinya.

  9. kami warga HST banyak sekali yang berminat untuk menjadi anggota PERBAKIN tapi di daerah kami tidak ada pengcab PERBAKIN kemana kami mau daftar untuk menjadi anggota karena siapa tau banyak atlet yang bisa dijadikan bibit untuk mengikuti porda harap di informasikan siapa ketua dan dimana sekretariat PERBAKIN HST

  10. Saran kami, anda dapat mencari informasi di : 1. Sekretariat KONI Daerah masing-masing Kabupaten; dan 2. Polres masing-masing KAbupaten/kota karena pada umumnya pembinanya adalah dari teman-teman kepolisian. Demikian sebagai bahan untuk menelusuri keberadaan Sekretariat Perbakin di masing-masing KAbupaten/kota. Wassalam

  11. saya ingin menanyakan alamat perbakin kalsel..dikarenakan adik saya atlet pra pon dari jateng,,ingin menjadi atlet kalsel..untuk menaynyakan syarat2xnya…

    • Biasanya di koordinasi oleh Wakapolda daerah masing-masing… coba cek ke Polda Kalsel Jl. S Parman Banjarmasin. Maaf saya tidak bisa memberi info lengkap…

  12. Mas kalo saya mau bergabung gimana caranya????

    saya orang kalimantan tengah,,,tepatnya orang Buntok barito selatan……..

    mohon bantuannya……………

    tks……………………………….


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s