Reog di acara pembukaan POR SD Kabupaten Banjar

image006_11

Dibawah siraman gerimis hujan sore hari sebuah reog singo budoyo tua dengan gagah menggoyangkan kepalanya walaupun bulu meraknya sudah mulai rontok karena memang sudah sangat tua dan saat ini juga sudah mulai langka mencari bahan bulu meraknya. Dengan alunan gamelan yang sudah langka terdengar karena reog ini bukan terdengar di ponorogo tapi di kecamatan Simpang Empat Kabupaten Banjar.

Grup Kesenian reog ini dibawakan oleh saudara-saudara kami warga trasmigran dari Jawa Timur yang berkembang menambah khazanah budaya di Kabupaten Banjar, yang tampil dalam acara pembukaan POR SD tahun 2008 di kecamatan Simpang Empat.

Menjelang acara dimulai devile mulai bergerak dengan diawali oleh Grup Drum Band Kabupaten Banjar yang diiringi oleh barisan atlit dan official masing masing kecamatan di kabupaten Banjar, nampak barisan para siswa SD dengan semangat dan wajah cerah penuh semangat bertanding walaupun gujan semakin deras.

Acara dimulai dengan laporan panitia pelaksana dan diikuti dengan sambutan plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar yang menyatakan bahwa kegiatan POR SD ini dilaksanakan 2 tahun sekali dengan pembiayaan dari APBD dan sumbangan para donator termasuk dari para guru yang ingin mensukseskan acara ini, kemudian dilanjutan sambutan wakil Ketua KONI Kabupaten Banjar dan sambutan Bupati Banjar sekaligus membuka acara POR SD dengan pemukulan gong yang disambung dengan janji atlit dan ikrar wasit. Acara ditutup dengan sebuah do’a agar kegiatan ini sukses terlaksana.

Diawali dengan gerimis dan ditutup dengan gerimis pula.

Iklan

2 Komentar

  1. Kegagahan, kebersamaan dan ketahanan dalam kesenian Reog….udah dipertontonkan di Kabupaten Banjar…artinya kita salah satu dari masyarakat Banjar harus bisa mengambil filosofinya dalam menghadapi masa depan kehidupan dengan tanpa menyerah dan menjaga indahnya kebersamaan……selalu….selamanya

  2. Gerak lahir yang kasat mata, semuanya bermakna dan mempunyai nilai filosofis yang tidak semua orang dapat menangkapnya karena terjebak dalam kehebatan dan keindahan secara zahir. Kebersamaan dan keselarasan adalah nilai untuk dapat mencapai tujuan. Sepakat !!!! wasaalam


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s