World Ocean Conference 2009

World Ocean Conference (WOC) 2009 yang akan digelar pada tanggal 11 – 15 Mei 2009 di Manado Sulawesi Utara dan kegiatan ini akan dihadiri oleh perwakilan dari 121 negara di dunia.

WOC penting untuk menyinergikan langkah dan aksi nyata kita untuk memelihara lingkungan kelautan guna mengatasi climate change dan mengantisipasi global warming. Jika bumi panas, kehidupan anak cucu kita, generasi mendatang, tidak akan selamat. Kita memiliki tanggung jawab moral untuk berbuat dan bertindak dengan arif demi masa depan anak cucu kita,” ujar Presiden.

Banyak hikmah dengan rencana adanya WOC di Negara kita ini, antara lain adalah apabila suatu daerah akan mendapat kunjungan Presiden atau Wapres  untuk menghadiri sebuah kegiatan maka setiap daerah pasti akan membenahi sarana dan prasarananya agar terlihat bagus dan tidak memalukan dihadapan Presiden  dan Wapres apalagi kalau kegiatan tersebut berskala internasional dimana yang hadir adalah wakil-wakil Negara dari seluruh belahan dunia, tentu akan lebih malu lagi bagi daerah dan bangsa kita. Maka pasti akan lebih berbenah lagi.

Dalam pelaksanaan pembenahan sarana prasarana inilah hikmah didapat, antara lain terserapnya tenaga kerja, terbelinya bahan/material local yang notabene akan terjadi perputaran arus uang yang berarti roda ekonomi berjalan, pertumbuhan ekonomi akhirnya tidak minus lagi, dan masih banyak hikmah-hikmah lainnya. Belum lagi nanti disaat kegiatan berlangsung, tentunya juga para tamu akan banyak membelanjakan uangnya untuk membeli souvenir, dimana souvenir tadi akana menjadi duta wisata kita di Negara asal para tamu tadi, dan apabila yang mereka dapatkan adalah keramah tamahan kita maka iklan dari mulut ke mulut ini akan lebih efektif dari sebuah brosur pariwisata.

Dari kata bijak Presiden SBY di atas, patut digaris bawahi bahwa bumi alam kita ini bukanlah warisan nenek moyang kita melainkan titipan anak cucu kita nantinya yang harus dijaga kelestariannya dan keberlangsungannya, dan juga akan dipertanyakan anak cucu kita kepada kita, kenapa kita tidak menjaganya, kenapa kita tidak memeliharanya, kenapa kita tidak melestarikannya, dan kira-kira masih beribu pertanyaan dengan awalan kenapa yang akan dilontarkan ! Dan yang lebih parah adalah mereka akan menyalahkan kita sementara kita sudah tidak bisa menjawab untuk berdalih karena kita sudah berada dibawah batu nisan.

Climate change dan global warming, mungkin sudah kita rasakan dengan adanya musim yang sudah tidak menentu lagi dan baru saja juga terjadi dalam minggu ketiga desember 2008 tadi di Kecamatan Aluh-aluh, Tabanio dan takisung mengalami terpaan gelombang pasang air laut yang cukup tinggi yang merusakkan rumah-rumah penduduk. Dan ramalah bahwa permukaan air laut akan naik secara permanen mencapai 6,00 meter dari yang ada sekarang maka Banjarmasin, dan kota-kota lain yang ketinggiannya sama akan terhapus dari peta dunia. Jadi kalau sudah terhapus dari peta, maka pemindahan Ibukota Kalimantan Selatan ke Banjarbaru tidak sulit lagi . . . .. . . . . . karena otomatis dan tidak perlu menunggu undang-undang lagi !

Mari, . . . mulai sekarang kita jaga alam dan lingkungan kita !

Mari, . . . mulai sekarang kita manfaatkan secara arif alam dan lingkungan kita !

Iklan

1 Komentar

  1. Bisakah kita memprediksi kota Martapura dan Kantor Pemda Banjar kebanjiran sampai tenggelam sampai 1 meter, yang mengakibatkan semua aktifitas ekonomi dan pemerintahan terjadi kemacetan total ? jawabannya bisa kalau tidak ada perubahan kebijakan mengenai lingkungan dan pengerukan SDA yang dikuras habis-habisan jalan teruuusss. ya.. kira-kira 15 – 20 tahun kedepan lah ini akan terjadi haaa , tapi bisa lebih cepat kalau semua gunung pada aliran DAS Riam Kiwa dan Riam Kanan di beri izin KP dan izin pinjam pakai kawasan hutan lindung diberikan terus tanpa memperhitungkan dampak lingkungan. Semoga ini tidak terjadi, kena taumpat rumah ulun tenggelam haaaaa.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s