Minyak Tanah Vs Minyak Jarak

buah-jarak

Bahan bakar minyak, nampaknya saat ini hampir tidak terpisahkan dengan kehidupan masyarakat Indonesia khususnya ibu-ibu rumah tangga masih sangat tergantung dengan bahan bakar minyak tanah (fossil based fuel) dan tahun 2009 ini kebutuhan minyak tanah bersubsidi untuk PSO (Public Service Obligation) sebanyak 36,033 juta barel (1 Barrel=159 Liter). Bukan jumlah yang sedikit yang akan dihabiskan dari tahun ke tahun sementara cadangan minyak tanah semakin tahun juga semakin menipis dan tentunya berlaku hukum pasar apabila permintaan meningkat sementara supply terbatas maka harga akan melambung dan semakin tidak terjangkau oleh masyarakat kecil.

Berdasarkan data sensus BPS 2005 jumlah penduduk Indonesia 218,868,791 jiwa dan proyeksi penduduk Indonesisa 2009 adalah 231.369.500 jiwa. Bukan jumlah yang sedikit. Dengan asumsi 1 (satu) Kepala Keluarga (KK) terdiri atas 2 orang tua dan orang anak maka jumlah KK di Indonesia adalah 57.842.375 KK dan pemakaian minyak tanah 1 liter per hari dan asumsi kembali harga minyak tanah Rp.3.000,-/liter.

Andaikata setiap KK dapat memproduksi minyak pengganti terutama yang dipedesaan dan pinggiran kota yang mempunyai lahan pekarangan untuk menanam jarak pagar yang bijinya dapat dibuat sebagai minyak jarak untuk mengganti minyak tanah. Dapat dibayangkan berapa dapat dihemat dana masyarakat yang secara otomatis akan menghemat devisa negara daripada beli BBM terus !

CARA MEMBUAT MINYAK JARAK

Biji jarak dijemur selama dua hari, setelah itu dipecahkan untuk memisahkan daging dan kulit biji jarak. Daging biji jarak digiling dan diperas. Tiga kilogram biji jarak menghasilkan satu liter minyak jarak.

biji-jarak1

Iklan

5 Komentar

  1. perlu ada budi daya tanaman jarak lebih dulu ya Pak……. kira-kira kab. banjar bisa/mau nggak memulai budi daya tanaman jarak ?

  2. Yang diperlukan saat ini adalah sosialisasi langsung kepada masyarakat yang berdomisili di daerah daerah yang sulit mendapatkan minyak tanah dan mereka memiliki lahan untuk menanam jarak serta diberi pelatihan membuat minyak jarak serta pemakakaiannya.

  3. Yang diperlukan saat ini adalah sosialisasi langsung kepada masyarakat yang berdomisili di daerah daerah yang sulit mendapatkan minyak tanah dan mereka memiliki lahan untuk menanam jarak serta diberi pelatihan membuat minyak jarak serta pemakaiannya.

  4. Bisa diteliti dulu daerah mana yang potensial untuk tanaman jarak, dan jangan lupa konsultan harus tahu sampai proses pasca produksi, jangan asal …btw, salam kenal , …komentari artikel saya pak

  5. Kita akan sarankan kepada Bappeda untuk mengkoordinir di daerah, dan salam kenal juga, mudah-mudahan kabar baik untuk anda dan keluarga. Wassalam


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s