Antara melaksanakan dan mendirikan sholat

Setiap kali Allah swt menyebutkan kata “mukmin” Allah swt juga menyebut kata “mendirikan Sholat” dan dimana terdapat kata “melaksanakan sholat” disana terdapat kata “munafik”.

Hal yang demikian itu dikarenakan manusia terbagi menjadi dua golongan, yaitu pertama, golongan orang yang mendirikan sholat, dan kedua, golongan orang yang melaksanakan sholat. Siapa yang hanya melaksanakan sholat, maka kemungkaran, kedurjanaan dan kekejian tidak akan terlepas dari kebiasaannya. Berbeda bagi mereka yang mendirikan sholat, maka sholatnya akan melepaskan dirinya dari perbuatan mungkar, kedurjanaan dan perbuataan keji.

Allah swt berfirman :” Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar ….” ( Al-‘Ankabut [29]:45)

Mungkin kamu akan bertanya. “Mengapa banyak manusia yang sholat, tapi mereka juga melakukan kemungkaran, mengkonsumsi obat-obatan terlarang, mencuri dan melakukan perzinaan?” Jawabannya adalah “Karena  mereka baru pada tahap melaksanakan sholat, belum sampai pada tahap mendirikan sholat.” Dan boleh juga ditambahkan bahwa karena mereka juga hanya sebatas melaksanakan kewajiban saja dan belum pada keadaan dimana sholat merupakan kebutuhannya mereka sendiri serta karena kecintaannya kepada Allah swt dan Rasulullah saw.

Salah seorang ulama berkata. “ Yang dimaksud dengan mendirikan (sholat) adalah pelaksanaan sholat yang dilakukan dengan disertai keikhlasan, kekhusyu’an, dan penghayatan atas setiap kalimat yang diucapkan dalam sholat mulai dari takbir, ruku’, sujud sampai salam”

Iklan

2 Komentar

  1. ass wr wb… mudah-mudahan kita dapat termasuk orang yang mendirikan sholat…. amin

  2. Wa alaikum salam wr wb, Amin Allahuma amin, ya Allah kabulkanlah do’a Saudaraku ini. Wassalam


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s