Air Kendi

image043

Kendi adalah semacam tempat atau wadah air yang terbuat dari tanah liat. Dan Kendi itu berasal dari tanah Jawa. Kendi itu terus berkembang dari zaman Mesir, China, Jepang, Thailand, dan Indonesia. Kendi memiliki 2 macam jenis yaitu: – Bercorak dan – Polos bentuknya seperti teko. Biasanya kendi dimanfaatkan untuk minum dan upacara adat jawa.

Kendi termasuk salah satu jenis gerabah .Gerabah merupakan perkakas yang terbuat dari tanah liat atau lempung yang dibentuk kemudian dibakar untuk kemudian dijadikan alat- alat yang berguna membantu kehidupan.

Sejak dulu dan sampai saat ini, kendi sebagai tempat air masih belum ditinggalkan masyarakat Indonesia sebagai tempat minum walaupun kemajuan zaman dengan modernisasinya telah merambah berbagai perkakas kebutuhan manusia untuk memenuhi hajat hidupnya.

Untuk Indonesia yang wilayahnya mempunyai suhu sedang kalaupun panas tidaklah terlalu panas dan walaupun dingin juga tidaklah terlalu dingin, maka air minumpun tidaklah terlalu banyak berkembang ragam jenis minuman kalaupun ada tuak dan arak itu hanya sebagian kecil saja yang mengkonsumsi dan itupun hanya dalam acara-acara tertentu saja dalam budaya yang mereka miliki.

Diantara jenis minuman yang paling netral dan aman adalah air yanag telah dimasak dan didinginkan kembali sebagaimana suhu air normal, namun ada air putih yang nikmat untuk diminum pada pagi, siang di tengah terik atau bahkan dimalam haripun masih tetap enak dan menyegarkan dan bahkan konon menyehatkan badan adalah air kendi.

Caranya, isilah kendi dengan air yang telah dididihkan dan dinginkan kembali secara alami, tutup lubang rapat lubang kendi dan dianjurkan ditutup dengana daun pisang yang masih segar, setelah sholat Isya’ letakkan kendi yang telah berisi air tadi ditempat terbuka, usahakan tidak terlindung apapun diatasnya. Esok pagi sebelum terkena sinar matahari pagi, kendi dapat diambil dan siap untuk diminum, kalau ingin dikonsumsi pada siang hari maka dianjurkan untuk menyimpannya dalam rumah pada suhu kamar normal.

Selamat mencoba !!

5 Komentar

  1. Kami dulu suka minum dari air kendi langsung lho.
    Thanks informsinya. Saya pinjam gambar kendi untuk ilustrasi artikel ya.
    Terima kasih,salam hangat dari Surabaya

    • Oya… sama-sama.. silakan dipakai..salam hangat dari Martapura

  2. […] Kendi dari : Yusni Anani’s Weblog […]

  3. minum air kendi emang seger….

    • dan kalau bisa harus kita nikmati, murah meriah . . . . . .


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s