Kresna lambang kebijaksanaan

kresna_ensik

Kresna, adalah sepupu dari para  Pandawa dan Korawa, dan bersahabat dekat dengan Pandawa, dimasa kecilnya Kresna adalah seorang penggembala yang tumbuh dewasa lengkap dengan segala kesaktiannya dan kebijaksanaannya. Dimasa dewasa karena akrab dan juga karena kebijaksanaannya maka dia menjadi penasehat para Pandawa. Dimasa sekarang Kresna dijadikan lambang kebijaksanaan. Adapun Kresna terkenal dengan berbagai nama panggilan, antara lain :

  1. Achyuta (Acyuta, yang tak pernah gagal)
  2. Arisudana (penghancur musuh)
  3. Bhagavān (Bhagawan, kepribadian Tuhan Yang Maha Esa)
  4. Gopāla (Gopaala, Pengembala sapi)
  5. Govinda (Gowinda, yang memberi kebahagiaan pada indria-indria)
  6. Hrishikesa (Hri-sikesa, penguasa indria)
  7. Janardana (juru selamat umat manusia)
  8. Kesava (Kesawa, yang berambut indah)
  9. Kesinishūdana (Kesini-sudana, pembunuh raksasa Kesin)
  10. Mādhava (Madawa, suami Dewi Laksmi)
  11. Madhusūdana (Madu-sudana, penakluk raksasa Madhu)
  12. Mahābāhu (Maha-bahu, yang berlengan perkasa)
  13. Mahāyogi (Maha-yogi, rohaniawan besar)
  14. Purushottama (Purusa-utama, manusia utama, yang berkepribadian paling baik)
  15. Varshneya (Warsneya, keturunan wangsa Wresni)
  16. Vāsudeva (Waasudewa, putera Basudewa)
  17. Vishnu (Wisnu, penitisan Batara Wisnu)
  18. Yādava (Yaadawa, keturunan dinasti Yadu)
  19. Yogesvara (Yoga-iswara, penguasa segala kekuatan batin)

Disaat saat genting dimana terjadi sengketa antara Pandawa dan Korawa, terjadilahan kegelisahan dan kegalauan hati para Pandawa dalam menghadapi rencana peperangan melawan Korawa, bagaimana tidak gelisah dan galau kalau yang akan diperangi, dihancurkan dan mungkin dimusnahkan adalah saudara sendiri, sepupu sendiri dan teman sepermainan disaat saat tumbuh bersama sejak kecil hingga menjadi dewasa. Kresna sebagai sahabat dan penasehat memberikan pandangan kepada para Pandawa dalam sebuah dialog yang cukup panjang yang terkenal dengan bhagawatgita , dialog ini memberikan pandangan dan membulatkan tekad para Pandawa serta meluruskan niat peperangan yang akan dihadapi dimana perang bukanlah menyalurkan amarah, bukanlah sebagai tempat balas dendam dan bukan pula sebagai pelampiasan angkara murka. Mari kita lihat dan selami beberapa kalimat dialog tersebut, seperti :

Kapan pun kebenaran merosot dan kejahatan merajalela, pada saat itu Aku turun menjelma, wahai keturunan Bharata (Arjuna)

Untuk menyelamatkan orang saleh dan membinasakan orang jahat, dan menegakkan kembali kebenaran, Aku sendiri menjelma dari zaman ke zaman

O Arjuna, Aku adalah Roh Yang Utama yang bersemayam di dalam hati semua makhluk hidup. Aku adalah awal, pertengahan dan akhir semua makhluk

Wahai Arjuna, di antara semua pendeta, ketahuilah bahwa Aku adalah Brihaspati, pemimpinnya. Di antara para panglima, Aku adalah Kartikeya, dan di antara segala sumber air, Aku adalah lautan

Di antara para Detya, Aku adalah Prahlada, yang berbakti dengan setia. Di antara segala penakluk, Aku adalah waktu. Di antara segala hewan, Aku adalah singa, dan di antara para burung, Aku adalah Garuda.

Di antara segala penipu, Aku adalah penjudi. Aku adalah kemulian dari segala sesuatu yang mulia. Aku adalah kejayaan, Aku adalah petualangan, dan Aku adalah kekuatan orang yang kuat

Di antara keturunan Wresni, Aku ini Kresna. Di antara Panca Pandawa, Aku adalah Arjuna. Di antara para Resi, Aku adalah Wyasa. Di antara para ahli pikir yang mulia, aku adalah Usana.

2 Komentar

  1. TERIMA KASIH ANDA MENGIGATKAN KAMI ATAS TOKOH2 PEWAYANGAN KARENA SEMUANYA INI ADA PADA KITAB PANCALI WEDA[ BHAGAWAD GITA] KITAB WEDA YANG KE 5 DARI AGAMA KAMI HINDHU DAN JUGA AGAMA LELUHUR JAWA ,SINGOSARI,KEDIRI,MAJAPAHIT,MATARAM HINDU ,CANDI PRABANAN ADALAH SALAH SATU SAKSI BISU KEJAYAAN KAMI MASA ITU.DAN SAYA INGIN MENYAMPAIKAN SALAM SEJAHTERA KEDA SAUDARA2KU YANG ADA DI JAWA DAN SEMOGA LUMPUR LAPINDO TIDAK MENENGELAMKAN KITA ,SALAM DAMAI,DAMAI,DAMAI,RAHAYU,RAHAYU,RAHAYU,OM

  2. sugeng pak..
    kula badhe madosi buku Bhagawatgita, menawi mengertos wonten pundi nggih.. sampun dangu dereng kepanggih mawon. nuwun..


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

