Tiga Bersaudara Putra Sang Hyang Wanang

semar11togogbatara-guru

Dalam jagat pewayangan zaman dahulu kala hingga sekarang , dikenal Sang Hyang Tunggal atau dikenal juga dengan Sang Hyang Wanang sebagai penguasa jagat raya ini, dia mempunyai tiga orang putra, yang tertua Batara Ismaya atau lebih dikenal sebagai Semar , kemudian adiknya terkenal dengan nama Togog, dan yang bungsu Batara Manikmaya atau mashur dengan nama Batara Guru. Sampai pada suatu masa Sang Hyang Wanang ingin memberikan kekuasan akan alam mayapada ini kepada salah satu dari ketiga anaknya tadi, tapi dengan suatu syarat siapa yang paling sakti diantara ketiganya.

Pertandingan kesaktiannya adalah siapa yang mampu menelan bulan purnama, putra pertama nampaknya tidak sabar dan sedikit tergesa-gesa walaupun mampu menelan bulan purnama tapi tidak sempurna sehingga nampak perut dan pantatnya bulat membesar seperti bulatnya bulan purnama, sebagaimana penampilan Semar sekarang ini. Putra yang keduapun tidak jauh beda, juga tidak sabar dan sangat memaksakan diri, memang mampu juga menelannya tapi terpaksa mulut dan rahang membesar sebagaimana tampilan Togog sekarang ini. Dan yang paling bungsu nampaknya yang sabar dan telaten serta hati-hati dan nampaknya dialah yang paling sempurna menelan bulan purnama tersebut.

Akhirnya terpilihlah Batara Manikmaya menjadi penguasa alam mayapada ini dengan dibantu anak-anaknya berbagai macam dewa yang mengatur berbagai macam alam mayapada ini seperti pengaturan angin diserahkan kepada Dewa Bayu, pengaturan api diserahkan kepada Dewa Agni, dst.

Adapun Semar dan Togog turun ke mayapada menjalankan tugasnya masing-masing, mereka diperintahkan untuk turun ke alam mayapada untuk membimbing para ksatria di alam dunia. Semar membimbing ksatria yang berwatak dasar baik, Togog membimbing para ksatria yang berwatak dasar jahat.

Meskipun mendapat tugas untuk membimbing para ksatria yang berwatak dasar jahat, bukan berarti Togog selalu mendukung sikap perbuatan para ksatria itu. Ia tetap bertanggungjawab untuk mengarahkan ksatria jahat itu ke arah kebaikan.

5 Komentar

  1. SAYA SENANG DAN BAHAGIA SEKALI BISA MENGENALI FILOSOFINYA SEMAR KARENA NAMA2 DEWA YANG MUNCUL SESUNGGUHNYA SANGAT SAMA DENGAN KEYAKINAN KAMI ORANG BALI HINDU KALO KITA LIHAT SEJARAH JAWA DAN BALI ADALAH SATU TQ

    • Salam kenal Bli Made Sujana, mohon dikoreksi karena apa yang kutulis adalah yang kuketahui sejak aku kecil,dan saat itu sudah menyenangi wayang kulit versi Banjar Kalimantan Selatan, dan seiring dengan waktu aku mulai membaca buku2 tentang pewayangan. Salam untuk keluarga semua !!!

  2. kulo bingah wonten piantun sepuh ingkang kerso nulis meniko amargi tulisan meniko sagen kagem kangge refernsi generasi muda ingkang upami di teliti sakmeniko sampun sami mboten mangertos / paham kalian budaya jawi ingkang sajatinipun mumpuni…..kalihan sakedahipun kawula muda nguri uri kabudayan jaw…………..” Wah saya aja udah acak acakn nih basa jawanya “………….nuwun sewu pak kenging menopo mboten pun bahas sekalian menopo arti SEMAR BODRONOYO puniko !………….matur nembah nuwun …………..belepotan lagi……………..nyuwun ngapunten Pak.

  3. kawulo bingah wonten piantun sepuh ingkang kerso nulis meniko amargi tulisan meniko sagen kagem kangge refernsi generasi muda ingkang upami di teliti sakmeniko sampun sami mboten mangertos / paham kalian budaya jawi ingkang sajatinipun mumpuni…..kalihan sakedahipun kawula muda nguri uri kabudayan jawi…………..” Wah saya aja udah acak acakn nih basa jawanya “………….nuwun sewu pak kenging menopo mboten pun bahas sekalian menopo arti SEMAR BODRONOYO puniko !………….matur nembah nuwun …………..belepotan lagi……………..nyuwun ngapunten Pak.

  4. Makasih Den Bagus, insya Allah akan saya coba tulis dengan bahasa saya tentang Semar Bodronoyo. Wassalam


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s