Isu-isu RPJM Nasional 2010-2014

Isu-isu RPJM Nasional 2010-2014 menurut hematku adalah sebuah jembatan menuju penetapan RPJM 2010-2014 dengan memperhatikan ekstrasi dari implementasi RPJM Nasional 2005-2009, untuk itu mari kita pelajari bersama.

rpjmn1

Lampiran UU No. 17 Tahun 2007 Tentang RPJPN 2005-2025 hal. 79-80]

RPJM ke-2 (2010 – 2014)

Memantapkan penataan kembali Indonesia di segala bidang dengan menekankan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia termasuk pengembangan kemampuan ilmu dan teknologi serta penguatan daya saing perekonomian.

Bidang-Bidang:

Pertahanan dan Keamanan

Kondisi aman dan damai terus membaik dengan meningkatnya kemampuan dasar pertahanan dan keamanan negara yang ditandai dengan: Peningkatan kemampuan postur dan struktur pertahanan negara; Peningkatan kemampuan lembaga keamanan negara.

Hukum

  • Meningkatnya kesadaran dan penegakan hukum
  • Tercapainya konsolidasi penegakan supremasi hukum
    penegakan hak asasi manusia
  • Kelanjutan penataan sistem hukum nasional.

Politik

Kehidupan bangsa yang lebih demokratis semakin terwujud ditandai dengan: Membaiknya pelaksanaan desentralisasi dan otonomi daerah; Kuatnya peran masyarakat sipil dan partai politik dalam kehidupan bangsa; Posisi penting Indonesia sebagai negara demokrasi yang besar makin meningkat dengan keberhasilan diplomasi di fora internasional dalam upaya pemeliharaan keamanan nasional, integritas wilayah, dan pengamanan kekayaan sumber daya alam nasional.

Pelayanan Publik

Kualitas pelayanan publik yang lebih murah, cepat, transparan dan akuntabel makin meningkat yang ditandai dengan terpenuhinya standar pelayanan minimum di semua tingkatan pemerintah.

Kesejahteraan Rakyat

Kesejahteraan rakyat terus meningkat ditunjukkan oleh membaiknya berbagai indikator pembangunan sumber daya manusia : Meningkatnya pendapatan per kapita; Menurunnya angka kemiskinan dan tingkat pengangguran sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas disertai dengan berkembangnya lembaga jaminan sosial; Meningkatnya tingkat pendidikan masyarakat yang didukung dengan pelaksanaan sistem pendidikan nasional yang mantap; Meningkatnya derajat kesehatan dan status gizi masyarakat; Meningkatnya kesetaraan gender; Meningkatnya tumbuh kembang optimal, kesejahteraan, dan perlindungan anak; Terkendalinya jumlah dan laju pertumbuhan penduduk; Menurunnya kesenjangan kesejahteraan antarindividu, antarkelompok masyarakat, dan antardaerah; Dipercepatnya pengembangan pusat-pusat pertumbuhan potensial di luar Jawa; Makin mantapnya nilai-nilai baru yang positif dan produktif dalam rangka memantapkan budaya dan karakter bangsa.

Daya Saing Perekonomian

Daya saing perekonomian meningkat melalui : Penguatan industri manufaktur sejalan dengan penguatan pembangunan pertanian dan kelautan serta sumber daya alam lainnya sesuai dengan potensi daerah secara terpadu; Meningkatnya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; Percepatan pembangunan infrastruktur dengan lebih meningkatkan kerja sama antara pemerintah dan dunia usaha; Peningkatan kualitas dan relevansi pendidikan; Penataan kelembagaan ekonomi yang mendorong prakarsa masyarakat; Pengembangan jaringan infrastruktur transportasi, serta pos dan telematika; Peningkatan pemanfaatan energi terbarukan, khususnya bioenergi, panas bumi, tenaga air, tenaga angin, dan tenaga surya untuk kelistrikan; Pengembangan sumber daya air dan pengembangan perumahan dan permukiman; Industri kelautan yang meliputi perhubungan laut, industri maritim, perikanan, wisata bahari, energi dan sumber daya mineral dikembangkan secara sinergi, optimal, dan berkelanjutan.

Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup

Pengelolaan sumber daya alam dan pelestarian fungsi lingkungan hidup makin berkembang melalui : Penguatan kelembagaan dan peningkatan kesadaran masyarakat yang ditandai dengan berkembangnya proses rehabilitasi dan konservasi sumber daya alam dan lingkungan hidup yang disertai dengan menguatnya partisipasi aktif masyarakat; Terpeliharanya keanekaragaman hayati dan kekhasan sumber daya alam tropis lainnya yang dimanfaatkan untuk mewujudkan nilai tambah, daya saing bangsa, serta modal pembangunan nasional pada masa yang akan datang; Mantapnya kelembagaan dan kapasitas antisipatif serta penanggulangan bencana di setiap tingkatan pemerintahan; Terlaksananya pembangunan kelautan sebagai gerakan yang didukung oleh semua sektor; Meningkatnya kualitas perencanaan tata ruang serta konsistensi pemanfaatan ruang dengan mengintegrasikannya ke dalam dokumen perencanaan pembangunan terkait dan penegakan peraturan dalam rangka pengendalian pemanfaatan ruang.

Sumber : http://www.bappenas.go.id

Iklan

3 Komentar

  1. Menurut hemat saya. RPJM harus dibuat ditulis dan dievaluasi, guna bahan untuk pelaksanaan yg harus utk dikerjakan trims. Semoga sukses dan segala apa yng ditulis semoga ada manfaat. Bagi ybs dan anak cucu kita dimasa mendatang.

  2. dari RPJM yang ke 2 tahun 2010-2014, sangat bagus ekstrasi yang dipaparkan, tapi kenapa untu bidang pendidikan kurang disorot, padahal pendidikan adalah kunci agar indonesia maju.
    mohon untuk dipertimbangkan

    • Sepakat akan pentingnya pendidikan..Semoga ini juga didengar pemerintah pusat sebagai penyusun RPJM Nasional..


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s