Visi Kalimantan Selatan 2025

Kalimantan Selatan 2025 Maju dan Sejahtera sebagai wilayah Perdagangan  dan jasa berbasis  agro  Industri.

Mengandung makna bahwa dalam 20 tahun mendatang Provinsi Kalimantan Selatan memiliki sumber daya yang handal dan fondasi ekonomi yang kuat serta dapat memberikan kesempatan yang secara relatif seimbang pada semua lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan menikmati hasil-hasilnya.

Mengandung makna bahwa pembangunan yang dilaksanakan berorientasi pada perdagangan dan jasa dengan menumbuhkan agro industri sebagai pilar utama. Agro industri dimaksud merupakan kegiatan yang berperan menciptakan nilai tambah, menghasilkan produk untuk dipasarkan/digunakan/dikonsumsi, meningkatkan daya simpan, menambah pendapatan serta menarik pembangunan sektor pertanian sebagai sektor penyedia bahan baku. Optimalisasi nilai tambah dicapai dengan pola industri yang berintegrasi langsung dengan usaha tani keluarga dan perusahaan pertanian.

Mari kita membutiri satu persatu kata kunci dari visi dan makna visi ini.

Maju, secara harfiah boleh dikatakan sebagai bergerak ke arah depan dengan pengertian melebihi dari yang ada sekarang. Maju dalam kaitannya sebagai sebuah propinsi yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sebuah negara,  maka dicoba mencari pengertian akan kata majemuk “ negara maju”.  Bayangan yang muncul dalam benak kita adalah negara-negara yang telah menguasai teknologi tinggi dalam bidang apa saja dan mengoperasionalkannya. Negara yang mampu menguasai teknologi tinggi adalah negara yang masyarakatnya mempunyai penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi tinggi atau dengan kata lain mempunyai sumber daya manusia yang berkualitas.

Sejahtera, sebuah kata yang menjadi idaman setiap orang, setiap bangsa dan setiap negara namun kata “sejahtera”  bagi  setiap orang akan memberi arti dan makna yang berbeda, begitu juga bagi setiap negara. Apakah tercukupinya sandang, pangan dan papan saja, bagaimana dengan rasa aman ? bagaimana dengan tingkat pendidikan, tingkat kesehatan dan tingkat pendapatan mereka ? sampai disini akan terlihat mulai susah menentukan rumusan sejahtera tersebut. Secara akademis memang ada pelajaran tentang teori sejahtera( welfare theory), sejahtera adalah kondisi atau keadaan yang baik di mana manusia dalam keadaan makmur, sehat, dan damai ( kamus wikipedia)  namun juga akan sulit menentukan tingkat sejahtera yang bagaimana yang akan dicapai atau ada berapa tingkat sejahtera yang harus dicapai, ataukan memang sejahtera itu tidak akan pernah tercapai karena keinginan dan kepuasan manusia yang selalu tak terpuaskan.

Sebagai gambaran pada tahun 1950 tingkat kesejahteraan diukur dari aspek fisik, seperti gizi, tinggi dan berat badan, harapan hidup, serta pendapatan. Sampai pada tahun 1980 an tingkat kesejahteraan berubah sudut pandang pengukurannya, sejahtera diukur dari aspek  pendapatan, tenaga kerja, dan hak-hak sipil. Dan mulai tahun 1990 berkembang lagi cara pengukuran kesejahteraan, yaitu dengan melihat HDI (Human Development Index) atau IPM (Indeks Pembangunan Manusia) yang dihitung dari gabungan 3 komponen yaitu Indeks Harapan Hidup,  Indeks Pendidikan, Indeks Pendapatan Per kapita. Sekarang kesejahteraan suatu daerah diukur tidak hanya dengan melihat angka IPM saja tetapi juga dilihat dari tingkat angka kriminalitas yang terjadi, semakin hari semakin banyak cara-cara menentukan kesejahteraan suatu wilayah.

Perdagangan, adalah pertukaran atau jual beli barang dan jasa yang mempunyai alas hak yang sah. Kalau memperhatikan pertukaran barang dan jasa, maka kita juga harus melihat sumber daya yang ada di Kalimantan Selatan, luas Kalimantan Selatan hanya 37.530,52 Km2 atau hanya 6,98 % dari total luas pulau Kalimantan dengan jumlah penduduk 4.643.573 jiwa (prediksi 2025). Untuk konsumsi dasar saja sudah cukup banyak seperti sembako, ditambah kebutuhan sekunder dan primernya.

Sumber daya, secara umum sumber daya dapat kita bagi memjadi 3 (tiga) komponen yaitu sumber daya alam, sumber daya buatan dan sumber daya manusia. Sumber daya alam dalam hal ini adalah bumi, air dan udara. Khusus untuk sumber daya alam bumi, dapat dibagi menjadi 2 bagian lagi yaitu sumber daya alam yang berada di dalam bumi dalam hal ini berkaitan dengan mineral (bahan tambang) dan yang menempel di atas bumi yang berkaitaan erat dengan lingkup pertanian secara umum seperti pertanian tanaman pangan, perkebunan, kehutanan dan peternakan. Sumber daya alam air, ini juga salah satu sumber daya alam penopang kehidupan manusia, flora dan fauna, begitu juga sumber daya alam udara. Sumber daya buatan adalah sumber daya yang dihasilkan oleh hasil karya manusia seperti listrik, bendungan dan waduk, dan lain-lain. Sedangkan sumber daya manusia adalah sumber daya yang dinamis yang berubah dari waktu ke waktu.

Sumber daya yang handal, dapatlah diartikan sebagai sumber daya yang memiliki nilai tambah yang besar dengan kualitas yang baik, yang siap untuk diolah lebih jauh lagi pada tingkatan lebih tinggi. Contoh sumber daya air yang handal adalah sumber daya air yang debitnya tetap dengan kandungan mineral yang cukup, secara fisik bersih, atau juga sumber daya udara yang handal adalah udara yang bersih, baik bersih dari partikel debu dan asap serta tidak berbau atau tidak tercemar dengan kandungan O2 yang mencukupi. Bagaimana dengan sumber daya manusia yang handal ? sehat secara jasmani dan rohani, berpendidikan tinggi (educated and skilled people)  dan berbudi pekerti yang luhur dan masih banyak lagi kriteria-kriteria manusia yang handal.

Fondasi ekonomi yang kuat, kalau boleh diterjemahkan adalah stabilitas ekonomi yang dapat bertahan dari berbagai guncangan apakah itu inflasi, jatuhnya nilai kurs, timpangnya neraca perdagangan, dan lain-lain.

Sekarang kita sudah berada pada bulan Juli 2009, 2025 hanya tinggal 16 tahun saja lagi !!! . . . . . . . 16 tahun kita pergunakan untuk menyiapkan dan mengolah  sumber daya alam, sumber daya buatan dan sumber daya manusia agar menjadi handal sehingga memnuhi syarat untuk mampu  menyokong, berinteraksi dan menyelam dalam wilayah Kalimantan Selatan sebagai wilayah perdagangan barang dan jasa. Sehingga visi maju dan sejahtera dapat dicapai.

Iklan

1 Komentar

  1. Salam kenal pak,
    saya mengetahui blog bapak dari Harian Banjarmasin Post..
    Links bapak sudah saya pasang di blog saya…
    Links balik ya pak.

    Thanks


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s