Deklarasi Almaty

Untuk Kependudukan dan Pembangunan
Diadopsi pada Pertemuan Parlemen Asia ke 20 untuk
Kependudukan dan Pembangunan

Alatau Health resort, Almaty, Kazakhstan

29 September 2004

Pembukaan

Kami, Parlemen dari negara-negara Asia/Pacifik yang bertemu di Almaty, Kazakhstan, pada tanggal 28-29 September 2004, di pertemuan ke 20 parlemen seasia untuk membahas tentang isu kependudukan dan pembangunan, merumuskan deklarasi sebagai berikut :

Kami memberikan penguatan atas komitmen kami untuk mencapai tujuan dalam pencapaian. Deklarasi Konferensi Internasional Kependudukan dan Pembangunan yang diadakan di Kairo atau yang disebut juga sebagai the Cairo Declaration of the International Conference on Population and Development dan yang tercantum di dalam Rencana Aksi atau Programme of Action (POA) di dalam  Deklarasi Kairo tersebut. Kami kembali memberikan penguatan tanpa memberikan penjelasan antara hubungan kependudukan dan pembangunan berkelanjutan (termasuk lingkungan, ketahanan pangan dan minuman, pelayanan kesehatan), kami tidak bisa menjawab tantangan regional masalah kependudukan dan pembangunan.

Negara-negara yang berada di Asia-Pasifik yang kaya akan peninggalan budaya dan berbeda di berbagai hal. Untuk mencapai pembangunan berkelanjutan, disamping itu juga negara-negara yang tergabung dalam Asia-Pasifik ini harus menghormati berbagai kebudayaan yang berbeda didalam memahami perubahan sosial dan jender dari berbagai pandangan, sangatlah penting untuk semua negara dalam jangka panjang memahami dalam memberikan pandangannya terhadap masalah kependudukan dan pembangunan, termasuk hak-hak kesehatan reproduksi, jender, memerangi masalah kekerasan terhadap perempuan, ketahanan pangan,lingkungan, remaja, anak muda dan usia lanjut pada tingkat provinsi. Pandangan ini perlu disesuaikan pada situasi tertentu ditiap-tiap negara.

Kami anggota parlemen dari negara-negara Asia-Pasifik, menghimbau agar pemerintah di negara kami menyusun strategi dalam jangka panjang untuk menjawab masalah kependudukan dan pembangunan berkelanjutan di daerah tingkat Asia Pasifik, dan mendukung secara penuh ketepatan waktu dalam pelaksanaannya. Kami juga menghimbau agar terjalinnya kerjasama dalam menangani kesulitan untuk menghadapi masalah ini.

Negara-negara yang berada di kawasan Asia Pasifik menghadapi situasi yang berbeda-beda dalam menangani masalah penduduk dan pembangunan ini. Di negara-negara lain misalnya menghadapi masalah sedikitnya anak-anak dan menuanya penduduk dan negara lainnya masih dalam menjalani perubahan transisi secara demograpis dan menikmati bonus dalam masalah kependudukan. Dan negara lainnya masih menghadapi masalah lajunya penduduk. Di negara-negara yang lalu seperti menjalani transisi secara ekonomi.

Isu-isu terkait didalam deklarasi ke 20 Almaty

Struktur Demographis :

Setiap negara mempunyai masalah kependudukan yang berubah-ubah dan perlu menjelaskan hubungannya dengan perkembangannya. Di negara lain, tantangan terbesar masih memperbaiki penurunan kelahiran hidup, dimana di negara lain, angka kelahiran sudah dikurangi dan usaha-usaha terpusat pada penurunan angka kematian. Migrasi juga masih menjadi bagian masalah penting di negara-negara lain; diperlukan juga pemahaman yang lebih baik dan perlu juga diperhitungkan pada penyusunan strategi pada tingkat provinsi. Di negara lain dimana angka kelahiran hidup telah diturunkan, masalah lansia juga bertambah penting untuk ditanggapi. Didalam memahami konteks ekonomi yang berkembang secara pesat di negara-negara Asia Pasifik, sangatlah diperlukan penyusuan strategi jangka panjang dalam upaya untuk memahami penyeimbangan dalam penanganan masalah kependudukan dan pembangunan.

Kesehatan Reproduksi :

Upaya-upaya konkrit diperlukan untuk memastikan terpenuhinya kualitas akses informasi tentang kesehatan reproduksi dan pelayanan konseling. Di mana waktu berjalannya transisi dalam menghadapi masalah ekonomi, hal yang sangat tidak menguntungkan bagi yang benar-benar menderita  dalam mengalaminya. Perhatian sangat diperlukan untuk memastikan agar terpenuhinya akses-akses pelayanan tersebut untuk semua kalangan, jadi masing-masing individu bisa menjalankan hak-hak  reproduksinya termasuk orang miskin, minoritas, dan remaja. Bagi yang akan menjadi ibu, kesehatan perempuan memerlukan perhatikan dan pelayanan khusus. Generasi  muda sekarang adalah tumpuan harapan masa depan, dan kita perlu memberikan perangkat kesehatan yang memadai agar mereka bisa mendapatkan dan menjalankan hidup yang produktif. Perhatian secara khusus sangatlah diperlukan untuk memastikan agar kebutuhan dasar dari remaja terpenuhi. Di berbagai negara, perbaikan kualitas kesehatan reproduksi bagi anak bisa menurunkan secara signifikan angka yang tinggi yang diakibatkan oleh kematian ibu dan bayi juga angka  prevalensi yang tinggi dari aborsi dan penyakit menular seks lainnya dan juga memperbaiki kualitas kehidupan dari penduduk kita semua.

STI/HIV/AIDS :

Menjadi kekhawatiran bagi kita semua penyebaran  yang sangat pesat dari STI/HIV/AIDS di daerah kita, potensi yang menyeramkan akibat penyimpangan perilaku  sehat dari penduduk dan masyarakat kita, dan akibat upaya-upaya pencegahan yang selama ini kurang diperhatikan. Kekhawatiran ini ditimbulkan dari tidak tersedianya pelayanan pengobatan yang terjangkau dan memadai. Di mana negara kita menghadapi berbagai tahapan yang ditimbulkan oleh penyakit ini, tetapi kita semua menyepakati pentingnya untuk menanggapi masalah ini segara untuk mencegah penyebaran penularan infeksi ini, khususnya diantara remaja.

Gender :

Transisi dari pembangunan yang dilakukan di bidang ekonomi belakangan ini memperburuk ketimpangan jender yang telah mengakibatkan timbulnya masalah-masalah baru menyangkut persamaan jender. Persamaan akses dalam pendidikan dan kerja, penghapusan kekerasan terhadap perempuan akan menjadi masalah-masalah yang utama di bidang ini.

Pembangunan Berkelanjutan :

Kita mengakui bahwasanya negara-negara Asia Pasifik sangat beragam, dan kaya akan alamnya; akan tetapi, mereka memungkinkan mengalami keterbatasan dalam kapasitas mereka akibat dari pengunaan sumber daya alam yang kita gunakan dengan tidak selayaknya. Diperlukan pengembangan strategi yang memadai dalam upaya menggunakan sumber daya alam dan analisa implikasi dari pembangunan kegiatan yang kita lakukan terhadap lingkungan. Kami sepakat untuk mengetahui pentingnya memelihara sistem produksi dan suply makanan tradisional. Sama pentingnya dengan menetapkan sistem penyimpanan dan distribusi. Kami sangat yakin bahwa ketahanan pangan sangatlah penting untuk menjaga stabilitas perdamaian.

Kualitas Kependudukan

Setiap orang berhak untuk mendapatkan kehidupan yang bahagia. Kita harus memikirkan semua aspek kehidupan dan menjelaskan kepada setiap individu tentang kehidupan sehat yang berkesinambungan, kehidupan yang mendukung kualitas kependudukan secara umum.

Panggilan untuk melakukan aksi :

Kami, anggota Parlemen yag berada di Almaty, memberikan komitmen kami untuk melakukan aksi dan panggilan kepada anggota Parlemen Asia dan Pasifik kepada hal tersebut dibawah ini :

Membuat dan mengusahakan upaya-upaya untuk menghubungkan masalah kependudukan dan pembangunan, dan untuk menambah akses dan memperbaiki kualitas pelayanan kesehatan reproduksi.
Menghimbau secara hormat kepada pemerintahan kami dan mitra-mitra pembangunannya untuk menjalin kerjasama di dalam pembangun dan melaksanakan strategi komprehensif jangka panjang untuk menjawab masalah kependudukan dan pembangunan, termasuk kesehatan reproduksi.

Mendukung pengingkatan dan mengawasi persamaan akses dalam memenuhi kualitas pelayanan kesehatan  reproduksi untuk semua kalangan termasuk kepada remaja .

Menghimbau kepada semua mitra pelaksanaan pembangunan, untuk segera bertindak dan melakukan kerjasama dan upaya konkrit untuk mencegah penyebaran lebih luas dari penyakit STI/HIV/IADS, memberikan perhatian khusus kepada remaja dan anak muda.

Mendukung peningkatan pemahaman perubahan jender dan mendukung upaya-upaya intervensi untuk memastikan partisipasi penuh dalam persamaan akses terhadap laki-laki dan perempuan dari keuntungan pembangunan. Kami memerlukan pengawasan terhadap situasi dan perubahan trend dan menghimbau secara hormat kepada pemerintah kami untuk perlunya mengambil langkah-langkah aksi, termasuk mendukung terbentuknya lingkungan yang positif.
Menghimbau kepada komunitas internasional untuk memastikan secara konsisten pertukaran perdagangan internasional dengan memperhatikan dalam tahap jangka panjang kepada masalah kependudukan dan pembangunan, terutama terhadap masalah ketahanan pangan.

Kami menghimbau kepada pemerintah kami untuk mengalokasikan sumber daya yang memadai dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kependudukan dan pembangunan.

Komitmen

Kami, anggota Parlemen memberikan komitmen kami untuk mengadvokasi dan memastikan pelaksanaan dari aksi-aksi tersebut diatas pada tingkat akar rumput, dengan konstituen kami, dan pada tingkat tertinggi di negara kami. Upaya-upaya konkrit hendaknya dilakukan, disemua tingkat dan mitra, termasuk komunitas internasional, LSM dan komunitas-komunitas didalamnya, termasuk melakukan aksi-aksi yang seharusnya dilakukan.

Kami, anggota-anggota Parlemen percaya akan perdamaian dan menghormati hak-hak azasi manusia, termasuk hak-hak reproduksi individu. Dimana pembangunan dan lingkungan itu bisa terjadi. Kami menghimbau kepada semua pemerintahan untuk secara konsisten mematuhi dan menjalankan semua komitmen yang disetujui didalam konvensi internasional untuk menghormati hak-hak asasi manusia dan perdamaian, dan untuk menyelesaikan masalah secara damai. Bersama-sama, kita hendaknya mengarah untuk memberikan kehidupan yang damai dan keamanan bagi seluruh kehidupan manusia.

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s