Sang Perencana

PNS (Pegawai Negeri Sipil), di Indonesia jumlahnya jutaan orang mulai dari jabatan staff sampai pimpinan unit, dari penjaga sekolah sampai Kepala Dinas Pendidikan atau sampai ke sekretaris Menteri Pendidikan, yang jelas sangat beragam. Namun dari jutaan PNS tersebut yang mempunyai jabatan sebagai perencana hanya sekitar 300 orang !!!

Sungguh sangat sangat kurang jumlahnya, mungkin kurang promosi ? mungkin kurang bergengsi jika dibanding jabatan struktural seperti Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Bidang ? mungkin juga nominal tunjangannya kurang menarik ? banyak sebab kenapa jadi jumlahnya sangat sedikit !!!

Padahal kedudukannya sangat strategis dalam pembangunan nasional maupun pembangunan daerah, sebagaimana disebutkan dalam Pasal 1 ayat (1) Keputusan Menteri Negara Pendayaan Gunaan Aparatur Negara Nomor: 16/KEP/M.PAN/3/2001 bahwa Perencana adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melaksanakan kegiatan perencanaan pada unit perencana tertentu.

Dari definisi perencana tersebut, dapat dilihat bahwa tugas pokok seorang perencana adalah menyiapkan, melakukan, dan menyelesaikan kegiatan perencanaan. Sementara disisi lain, pengertian perencanaan sendiri adalah kegiatan-kegiatan pengambilan keputusan dari sejumlah pilihan-pilihan  mengenai sasaran dan cara-cara yang akan dilaksanakan dimasa depan guna mencapai tujuan yang diinginkan, serta pemantauan dan penilaian perkembangan hasil pelaksanaannya, yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan.

Terlihat bahwa ternyata tugas seorang perencana tidak mudah dan sangat kompleks sekali,  maka untuk jabatan perencana dibagi menjadi beberapa jenjang jabatan perencana, mulai dari Perencana Pertama ( golongan III/a dan III/b); Perencana Muda ( golongan III/c dan III/d); Perencana Madya (golongan IV/a, IV/b dan IV/c) dan Perencana Utama (golongan IV/d dan IV/e).

Kalau melihat jumlah pejabat fungsional perencana dibandingkan dengan jumlah PNS secara keseluruhan, nampak kemungkinan-kemungkinan untuk menjadi termajinalkan akan sangat besar bisa terjadi. Padahal hal demikian tidak perlu terjadi karena untuk kepentingan dinas dan atau menambah pengetahuan, pengalaman, dan pengembangan karier, seorang perencana dapat dipindahkan ke jabatan struktural atau jabatan fungsional lainnya sepanjang memenuhi ketentuan yang berlaku.

Setiap Dinas, Badan dan Kantor pasti ada jabatan strukturan yang berfungsi sebagai unit atau sub unit perencana yang berada secara struktur organisasi pada umumnya dibawah Sekretaris Dinas, Badan aatau Kantor. Unit atau sub unit perencana dalam melaksanakan tugasnya sebetulnya sangatlah berat apalagi kalau hanya dibantu hanya oleh 1 atau 2 orang staff, maka oleh karena itu seyogyanya unit atau sub unit perencana tersebut dibantu oleh 2 atau 3 orang pejabat fungsional perencana sesuai spesifikasinya dengan jumlah bidang-bidang  teknis yang pada Dinas, Badan atau Kantor tersebut.

Dengan mengacu kepada kondisi ideal seperti ini sebetulnya masih sangat banyak diperlukan tenaga perencana pada masing-masing SKPD dan peluang untuk menjadi pejabat fungsional perencana masih terbuka lebar.

Memang untuk menjadi seorang perencana ada syarat-syarat formal yang harus dipenuhi yaitu minimal S1, pangkat/golongan minimal Penata Muda/IIIa, dan telah lulus diklat fungsional bidang perencanaan.

Kalau melihat syarat formal tersebut nampaknya tidaklah terlalu sulit untuk menjadi seorang perencana, tinggal kemauan saja !!!

Ayo siapa yang mau ?

Iklan

4 Komentar

  1. wah…kalau boleh aku mau tuh jadi sang perencana..

  2. Assalamu alaikum Pak Aslie, silahkan pak Aslie untuk menghubungi AP2I setempat yang biasanya sekretariatnya berada di kantor Bappeda setempat baik di Kabupaten/Kota atau di Provinsi. Wassalam

  3. TERIMAKASIH ATAS INFORMASI DAN TULISANNYA, CUKUP BERMANFAAT BUAT BACAAN/REFRENSI UNTUK REGENERASI. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA DARI KABUPATEN PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

  4. Terimakasih telah berkunjung..


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s