Metode Pendidikan

Pendidikan, adalah sebuah kata penting dan dalam prakteknya adalah bertujuan untuk merubah satu keadaan kepada keadaan lain yang lebih baik keadaannya. Kegiatan merubah ini banyak cara digunakan baik secara tradisional maupun secara modern, terlepas dari cara atau dengan istilah dalam dunia pendidikan disebut metode, baik metode tradisional maupun metode modern kalau untuk pendidikan akhlak, maka saat ini telah banyak metode yang direkomendasikan untuk dipakai dalam dunia pendidikan secara umum.

Namun kalau kita mau mengambil sebuah refrensi nyata yang telah terbukti secara factual dan tertuang dalam sejarah maka alangkah baiknya kita menengok bagaimana Rasulullah Muhammad saw mendidik masyarakat Mekah dan sekitarnya yang pada saat itu akhlaknya sudah dianggap hancur lebur bahkan dikatakan ahlak jahiliah dan dalam kurun waktu 23 tahun sejak awal kenabian hingga beliau wafat telah berhasil merubah menjadi akhlakul karimah.

Metode yang digunakan pada waktu itu adalaah sebuah metode pendidikan yang bertumpu pada kelembutan, kesadaran fitrah individu, dan pemahaman mereka (para sahabat Rasulullah) terhadap perintah Allah SWT.

Rasulullah juga berupaya mengajarkan mereka (para sahabat Rasulullah) bagaimana membuat insting mereka teridur dalam hal ini adalah insting ketertarikan akan ajakan nafsu untuk berbuat hina dan lupa diri, dan juga bagaimana menampik godaan setan.

Semoga lontaran pemikiran ini menjadi bahan pemikiran kita bersama untuk meningkatkan akhlak bangsa kita sampai ke tingkat ahlakul karimah.

(Sumber; Tariq Ramadan: Muhammad Rasul Zaman Kita)

Iklan

2 Komentar

  1. barangkali jaman sekarang selain ilmu pengetahuan, aqidah-akhlak harus dimasukkan dalam kurikulum sehingga selain menghasilkan manusia yang melek dan mumpuni dalam bidang ilmu pengetahuan sekaligus menjadi manusia yang tidak gampang tergoda rayuan setan.

    🙂 salam,

    mochammad
    http://mochammad4s.wordpress.com
    http://piguranyapakuban,deviantart.com

    • Wa alaikum salam wr wb, mudah-mudahan ke depan dalam dunia pendidikan kita di Indonesia memeperhatikan masalah aqidah-akhlak. Amin Allhuma amin. Wassalam yusni anani(yc7lvx)


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s