Biografi

Nama : Ir. Yusni Anani, M.Pd

Tanggal lahir : 9 September 1960

Riwayat Pendidikan : SDN Rampal II – Malang Jatim

SMP Neg . VI – Banjarmasin Kalsel

SMPP Neg. 28 – Banjarmasin Kalsel

Universitas Brawijaya – F T Malang Jatim

Universitas Lambung Mangkurat – FKIP Banjarmasin Kalsel

Tentang aku:

Aku suka membaca buku-buku cerita mulai dari karangan Kho Ping Ho, Gan KL, Chan Ie, SH Mintardja, dll bahkan aku juga membaca buku apa saja kalau lagi iseng , diantara buku buku yang pernah aku baca yang aku masih ingat dan berkesan : Di Sudut Sudut Balkan, Gugurnya Winnetou, Wasiat Winnetou, Layang-layang, Api di Bukit Menoreh, Bende Mataram, Hijaunya Lembah Hijaunya Lereng, Istana Pulau Es berikut turunan-turunannya, Tafsir Al Azhar karangan Buya Hamka, Samurai karangan Eiji Yoshikawa ,dll.

Melihat pemandangan alam, keluar masuk hutan melihat air terjun, lembah, jeram dll bahkan juga yang aku senangi adalah bermalam di hutan karena aku dapat mendengar dan meresapkan alam sekitar dalam suatu keheningan hutan.

Terkadang aku juga suka memancing di alam bebas bukan seperti yang banyak sekarang orang mancing di kolam ikan, mancingnya bisa di danau, rawa, sungai besar maupun kecil yang penting jangan mancing di laut karena aku sering tidak tahan oleh ritme gelombang laut.

Kalau kebetulan ada waktu libur yang cukup panjang, aku senang bepergian dengan mobil entah bersama keluarga atau justru dengan kawan kawan yang punya minat sama untuk melihat-lihat daerah yang belum pernah kukunjungi. Diantara perjalanan yang paling kusenangi adalah perjalanan menelusuri alur sungai dengan menggunakan perahu motor karena kecepatannya lamban sehingga dapat melihat pemandangan kiri-kanan sungai yang masih ditumbuhi oleh pohon-pohon yang lebat, tinggi, besar dan kalau sedang beruntung dapat melihat buaya yang sedang berjemur ditepi sungai atau yang sedang mengintai di sebuah cerukan sungai di bawah pohon yang rindang. Satu lagi nikmatnya dari perjalanan di sungai ini ialah aku bisa mancing ikan sungai baik untuk lauk makan siang atau makan malam di perahu karena perjalanan sungai ini memakan waktu paling sedikit sehari semalam bahkan bisa lebih.

Kalau yang namanya wisata kuliner itu sebetulnya menyatu aja dengan setiap perjalananku ke daerah daerah baru, kalau aku di daerah yang baru kukunjungi pasti aku akan tanyakan kepada penduduknya makanan khas apa yang ada di daerah itu, pernah aku ke Sampit Kalimantan Tengah aku disuguhi sayur lalap pucuk rotan dengan asinan udang kecil. Dan yang lebih aku senangi adalah kalau di daerah itu ada sate kambing berikut gulai, kareh, pokoknya apa saja yang berbau nama kambing itu pasti enak , menurut seleraku tentunya. Dan di Jakarta ada beberapa tempat yang special yang berhubungan dengan kambing yang sampai saat ini kuketahui adalah sate kambing pejompongan(sate jono), nasi goreng kambing di kebon sirih belakang Lemhannas tapi bukanya malam aja, sate domba afrika di Jl. Gajahmada seberangan Holland Bakery jl. Hayam Wuruk bukanya juga malam aja, Restoran Sinbad di Slipi, Restoran Hadramaut di Saharjo.

Saat  ini, dalam masa pensiun, lebih banyak berada di rumah, kadang kerja … kadang nggak kerja , he he he … maklum jadi buser kasarnya gitu. That’s life …!!!  Tapi yang namanya hobby….tetap jalan terus…any time and any where !!!

Iklan

50 Komentar

  1. Salam kenal Pak Yusni..
    dari daerah negara tetangga, Banjarbaru.
    😀

  2. Terima kasih dapat berkenalan, semoga terus berlanjut. Salam untuk keluarga. Wasslam

  3. kalo selera musiknya apa pak… ?
    salam kenal pak yusni…

  4. kalo musik sukanya apa Pak…?
    salam kenal Pak Yusni…..

    • Yang paling kusenangani adalah blues… dan baru saja meninggal bulan ini Mei 2015…BB King

  5. Kalau musik, aku rata-rata menyukai semua jenis musik kecuali seriosa. Aku dangdut juga senang walau tidak seluruhnya tapi pada lagu-lagu yg enak ditelinga dan sedikit nakal karena iramanya membuat kakiku bisa gerak tanpa disadari, aku juga senang lagu-lagu seperti slowrock yg dinyanyikan oleh Rod Stewart ( I don’t want to talk about it), Angie, Hotel California, dan lagu-lagu yg dinyanyikan oleh Phill Collin. Untuk irama aku senengnya bossas, ringan dan sedikit nyantai baik dengernya ataupun nyanyinya ! Sekarang ini aku lagi demen sama Sarah Jones. Oke salam kenal kembali, kalau kamu senengnya apa ?

  6. ulun senangnya mendengarkan lagu mainstream jazz pak, kalo di Indonesia macam Ireng maulana, kalau di manca negara ya.. antonio carlos jobim lagu jazz kesukaan saya girl from epanema, semoga bapak selalu sukses Amiin

  7. Kalau Ireng Maulana aku juga suka, bahkan satu orang dedengkot jazz Indonesia yg banyak hidup di luar negeri yang telah almarhum yaitu Bill Saragih aku juga suka apalagi saat dia membawakan lagu Go Down Moses yang aslinya dinyanyikan oleh datunya jazz Louis Amstrong yang lagunya yg familiar di blantika musik jazz dan juga sering dinyanyikan oleh Kuss Hendratno yg rambut putih yang meniru suara Louis Amstrong yang bergetar membawakan lagu Hello Dolly. Bagaimana dengan lagu lagu George Benson ?

  8. Kayaknya Hobby Mancingnya Boleh Juga, tapi gak suka mancing di kolam! ya jelas aja la wong Bapak punya banyak kolam sndiri. tp bnr koq kalo mancing di kolam tantangannya kurang gimana gitu ya pak! coz saya sendiri suka mancing. Salam kenal & Sukses selalu buat Bapak.

  9. Salam kenal kembali untuk Mas Hadi, berarti kapan-kapan kita bisa mancing bersama. BAru saja saya dapat info bahwa sekarang ikan pipih lagi rame di sungai Martapura khususnya disekitar desa Dalam Pagar. Wassalam

  10. salam kenal pak … mo komentar soal lagu neh
    gimana lagu black magic woman versi acoustic trus dibawain di tepi pantai ?
    muantap tenan … what a choice … two thumbs up !
    sukses selalu … wassalam

  11. Pantainya jimbaran lagi ya !!!!! sambil menikmati deburan ombak dan angin laut berhembus lembut dalam temaramnya lilin yang bergoyang gemulai seirama petikan gitar back magic woman . he he he you should face it.

  12. george benson saya juga suka cara bernyanyinya penuh penghayatan apa lagi saat membawakan lagu masquerade, bagaimana kalo kita membentuk komunitas pencinta musik jazz kab banjar Pak….he..he..he aneh kali yeee….

  13. Bener nich Pak, sekarang sungai martapura lagi meluap (pasang). Dalam dua hari ini kenaikan/ kedalaman sungai meningkat seiring hujan beberapa hari ini, moga nggak banjir kaya tahun-tahun lalu, soalnya saya tinggal di deket sungai (Kp. Melayu)! biasanya sich kondisi sungai kaya gini ikan Pipih, baung sama udang galah lagi musim nyari makan. Tapi mancing di sungai sekarang sudah mulai ngak asik lagi pak. mungkin karena adanya aktifitas warga yang mencari ikan dengan cara disetrum/ “di bom” (diracun). Belum lagi adanya gangguan ikan londo. belum kail sampai kemulut target, umpan sudah habis dikeroyok londo..

  14. He he he londo gin nyaman disanga karing, tekins membersihkannya, langsung potong kepala, belah perut, cuci bersih.
    Itulah tentang strum dan potash ini aku sangat menyayangkan, aku kuatir suatu saat ini, kita akan hanyaa mendengar cerita bahwa dahulu di sungaia martapura ada pipih, ada sanggang, dll. Frase ini akan sampai kepada kita.
    Walaupun satpol pp sudah sering menrazia, tapi tidak bisa tiap hari, tiap malam, dan wilayah kab banjar sangatlah luas.
    Sebuah harapan agar masyarakat ikut menjaganya seperti di Kandangan HSS.

  15. Tunggu nanti kukabari, aku sudah meminta kesediaan Mas Dedet untuk mengadakan Jazz Night di Bincau. Coba pang didata siapa-siapa pencinta musik jazz di sekitar kita, kumpul-kumpulah sekali kali.

  16. Assalamu’alaikum. Dengar2 Bapak mau jalan2 ke negara pake kelotok? kapan nyampainya pak? menurut pengalaman saya naik kelotok dari Mtp sampai Bjm pulang pergi sehari semalam baru sampai rumah. kalo boleh ngasih saran bapak banyak2 bawa bekal aja, baik ransum juga pancing. kali aja bapak ketemu sarang2 ikan gede. Selamat Jalan2 & Semoga Selamat dijalan sampai kembali kerumah.

  17. Wa alaikum salam wr wb, betul kami rombongan 73 orang akan naik kelotok ganal, mudahan selamatan aja ! rencana berangkat sabtu pagi jam 06.30. Ujar juragan kelotoknya menurut pengalaman diperlukan waktu sehari semalam nonstop kelotok bejalan terus ! he he he . . . . . bekal yang dibawa nang paling banyak adalah gumbili lancar dan jawau, biar kanyangnya lawas . Bujur pian, kami mambawa lunta wana rengge dan minyak lamak. Untuk kesempatan lain, pian umpat lah ! wassalam

  18. Rencananya ulun umpat mairingi bejukung beikat dibelakang kelotok pian. tapi jukungnya belum bedampul, lagi miris, he he…. Jangan telalu banyak jua pian makan gumbili lancar & jawau kalo kembung masuk angin. bayangkan 73 orang dalam satu kelotok buang2 angin. polusi udara tu pak…

  19. He he he boleh aja umpat bagandeng, kalo miris bisa baluncat ke kelotok !!. Kawannya gumbili lancar & jawau disediakan kopi jahe dan kopi rempah untuk mengiringinya. Jadi aman tidak akan jadi angin bohorok. Wass

  20. Salam hormat,

    Senang rasanya kami menemukan weblog milik Pak Yusni Anani.
    Ini merupakan salah satu bukti, bahwa blogging sudah kian menyentuh seluruh lapisan masyarakat.
    Semoga dunia blogging di Kalimantan Selatan akan kian maju dan masyarakat luas akan semakin terbiasa dan terpacu dengan penggunaan media seperti ini.

    Hormat Kami,

    = Kayuh Baimbai =
    Komunitas Blogger Kalimantan Selatan

  21. Terima kasih atas segala atensinya dan kami berharap ada pembinaan bagi kami para pemula dalam komunitas blogger Kalimantan Selatan. Wassalam

  22. Salam kenal pak Yusni. Di Sudut Sudut Balkan dan cerita Winnetou (karangan Karl May?) kalau kada salah bacaan abah ulun. Pian ini alumni SMP6 dan SMPP 28 jualah. Ulun gin sakolah di sana jua. Ulun ada malihat laporan di TVRI tentang ekspedisi ini, sakalinya bubuhan pian pa lah. Jaka tahu ulun samalam handak ai umpat.

  23. Salam kenal kembali untuk Mas Yudi ! Betul, karangan Karl May, kalau kita membacanya, seolah kita sendiri sebagai pelakunya, buku-buku itu kubaca saat ejaannya masih ejaan lama. Katanya sekarang sudah ada edisi terbaru dgn ejaan yg disempurnakan. Untuk kegiatan outdoor ini masih akan terus berlanjut seperti lomba lintas Kahung yg akan dilaksanakan bulan Januari atau Pebruari 2009 yad. Untuk jenis ekspedisi yg sama yaitu menelusuri alur sungai, masih dicari kembali alur-alur sungai lainnya, ada yg menyarankan agar diteruskan sampai ke kota Amuntai HSU, ada yg menyarakan ke Palangka Raya, dll. Aku berharap Mas Yudi dpt ikut kgiatan berikutnya, sambil kita bercengkrama ttg SMPN VI Dahlia yg sekarang jadi jembatan Merdeka dan SMPP Neg 28 yg jadi SMA Neg 7. Wassalam

  24. membaca dan membaca selalu itu adalah suatu hal yang berat, namun setelah dicoba dan selalu dicoba akhirnya membuat kita menjadi manusia yang bisa menghargai, di tinjau dari sosiologi masyarakat.

    membaca dan selalu membaca itu akan menambah wawasan dan mengurangi pikran yang negatif kesesama manusia.ditinjau dari azas mamfaat membaca.

    tetapi ada yang paling bagus kalau kita bisa membaca kehendak setan , niscaya kita akan selamat dari azab api neraka.

  25. Dimana aku bisa memdapatkan khazanah kehendak setan ? yang ada dari tuntunan agama itu bersifat normatif tapi yang contoh contoh riilnya yang perlu ada, he he he

  26. khazanah yaitu iman yang kuat, ibadah yang tinggi. ini ada pengalaman ketika al marhum guru seman waktu makan bersama dengan ulun , saat itu beliu memdapat kiriman nasi samin dan kambing, pada saat hendak dimakan , sidin menggawil ulun lawan abah ulun.

    dan sidin bapander ini duit di peroleh dari bisikan setan, lalu sidin perlihatkan kepada keluarga ini buktinya. yaitu nasi samin iwak kambing tersebut ba ulat sa munyaan.

    artinya . ilmu itu nang perlu kita belajar.dimana kawa membedakan antara halal dan tidak halal yang akan di makan.

    lain lagi cerita abah guru ijai. sewaktu di rumah sakit ulun lawan suster aslikah dari rs DR soetomo.
    saat itu beliu kedatangan di rumah sakit ulin, tamu no satu di kalsel, setalah bincang bincang lalu tamu tersebut mengeluar kan amplop coklat kabinet, dan menyerahkan ke pada beliu di saksikan oleh dr.anang.

    apa yang terjadi.setelah amplop coklat tersebut di buka, ternyata uang tersebut tidak mampu di satukan dengan uang yang beliu miliki.
    ketika pula beliu menyuruh segara di bakar , yang terkejut lagi ,beliu menyuruh membakar di hadapan orang no satu di kalsel.

    lain lagi dengan H.Salam jalil.
    lain waktu akan di kupas

  27. Alhamdulillah, aku dapat lagi ilmu baru bahwa untuk dapat membaca kehendak setan , cukup dengan ilmu yang dapat membedakan halal dan haram. Tolong tambahkan lagi tentang yang lainnya ! Trims dan salam untuk keluarga di Surabaya.

  28. Salam dari jauh, sekarang bapak jarang buka blog ya….? sibuk kuliah kah pak hee

  29. Sama sama salam dari jauh juga, basamut dahi dapatnya ekonometri !!!

  30. Pak, ulun lupa alamat email sampean, tolong beri ulun biar mudah chat di yahoo Messenger. Terima kasih

  31. email : yc7lvx@yahoo.com

  32. salam kenal, pian sudah pernah membaca cersil diwebsite khusus cersil, kalo berminat ulun ada alamat websitenya

  33. ass. wr. wb.
    pak, sekarang orang-orang lagi demen facebook, kada umpatankah pian daftar jua.
    wss.

  34. Terima kasih Mas Rhafy kalau berkenan mengirimkan alamatnya, siapa tahu aku dapat cersil yang asyik. Trims ya

  35. Insya Allah kalau pas lagi OL kita bisa chat difacebook. cu

  36. salam kenal pak…

  37. Salam kenal kembali, semoga sering ketemu di dunia cyber. Wassalam

  38. klo Kho Ping Ho, bacaan sekelurga kale….nah klo musik ya klasik lah sukanya iya kan ?

  39. he he he masih ingat haja sakalinya andika !!
    Kaya apa habar kakawalan kita bahari ? lukman engot dari sungai lulut rancak aja ka rumah unda di bincau.

  40. Ass. Pa Yusni, Ulun dari Kandangan, ulun umpat batakun lah. Pian ini iyalah Sekda Kab. Banjar.

  41. Saya adalah salah seorang petani dari Bekasi (Jabar) yang kurang beruntung karena hasil panen yang selalu mengecewakan. Saya mendengan di Banjar ada jenis padi yang bagus yaitu padi panjang. Untuk itulah jika diantara netter ada yang bersedia menolong saya untuk pengadaan bibitnya saya berterima kasih sekali. Jika ada silahkan SMS ke 08568888930 saya tunggu !!!

  42. Salam kenal pak…
    saya gede achsanudin dari bandung…
    saya suka dan senang dengan artikel-artikel bapak….
    Semoga Bapak Senantiasa diberikan berkah kesehatan oleh Alah SWT…
    terus menulis pak…

  43. Terima kasih Pak Gede Achsanudin di Bandung, dan salam kenal kembali semoga kita sering ketemu di dunia maya atau bahkan mungkin bisa ketemu secara nyata, Insya Allah. Salam untuk keluarga Pak Gede di Bandung. wassalam

  44. pak salam hormat, semoga bapak dan keluarga sehat wal afiat selalu dan dalam perlindungan Allah SWT. amin

    • Terima kasih, Liek. Salam hormat juga untuk Liliek dan keluarga, semoga do’anya terijabah untuk kita semua. Amin Allahuma amin.

  45. hampir mirip kesukaannya denganku

  46. Assalamu’alaikum
    Salam kenal pak, Jangan lupa kapan2 Berkunjung kesini

  47. Assalam wr. wb,
    salam kenal pak Yusni, saya amir, seorang staff peneliti di puslit biologi LIPI, saat ini sedang tugas belajar, untuk mempelajari keanekaragaman jenis katak di Indoensia. Saya melihat profil air terjun Mangandaan, di paramsan atas,…dari website anda, sangat menarik sekali. Tahun lalu saya mengunjungi Paramasn bawah, disana hutannya memang sudah agak terbuka. Apakah bisa menginformasikan untuk Paramsan atas berapakah ketinggian lokasi dari permukaan laut?.

    sebelumnya Terimakasih.,
    salam,
    amir

    • Wa alaikum salam salam wr wb,
      Salam kenal kembali, kalau pak Amir ada minat kembali untuk penelitian, dapat minta temani kawan kawan di Kantor Camat Paramasan Kabupaten Banjar. Insya Allah banyak yang mau menemani mengantarkan dan dapat merkeomendasikan tiddur di balai setempat. Wassalam


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s