7 langkah,8 langkah, 7 pintu neraka, 8 pintu surga

Neraka, adalah sebuah lokasi di akherat kelak, sebuah lokasi tempat hukuman bagi manusia yang pernah hidup di dunia yang telah melakukan pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan yang telah digariskan oleh Allah Swt. Pelanggaran yang dilakukan manusia juga bermacam-macam tingkat pelanggarannya, maka nerakapun mempunyai peringkat dalam beratnya maupun jenis hukumannya. Adapun peringkat neraka adalah sebagai berikut :

  1. Neraka Sa’ir, penghuninya adalah orang-orang yang suka berdusta.
  2. Neraka Ladha, penghuninya adalah orang-orang yang enggan membayar zakat hartanya.
  3. Neraka Saqar, penghuninya adalah orang-orang yang tidak sholat dan tidak suka memberi makan orang miskin.
  4. Neraka Jahim, penghuninya adalah orang-orang yang orang-orang yang mementingkan kehidupan dunia yaitu yang menuruti hawa nafsunya.
  5. Neraka Jahannam
  6. Neraka Hawiyah
  7. Neraka Huthamah, penghuninya adalah orang-orang yang suka adu domba.

Adapun Surga adalah juga sebuah lokasi di akherat kelak, sebuah lokasi untuk memberi ganjaran yang baik bagi manusia yang taat atas segala petunjuk Allah Swt. Sebagaimana neraka, surgapun bermacam-macam sesuai dengan tingkat ketaatan manusia kepada Sang Penciptanya.

Macamnya surga adalah sebagai berikut :

  1. Darul Jalal, terbuat dari mutiara putih.
  2. Darus Salam, terbuat dari yakut/permata merah
  3. Jannatul Ma’wa, terbuat dari zabarjud/permata hijau
  4. Jannatun Khuld, terbuat dari marjan/mutiara kuning.
  5. Jannatun Na’im, terbuat dari perak putih.
  6. Darul Qarar, terbuat dari emas merah.
  7. Jannatul Firdaus, terbuat dari batu bata perak, batu bata emas, batu bata yakut, batu bata zabarjud, perekat minyak kasturi/misik.
  8. Jannatu ‘Adn, terbuat dari mutiara putih, ialah surge paling unggul/isyimewa melebihi semua surge yang ada, pintunya saja 2 buah terbuat dari emas, jarak antara keduanya seperti antara langit dan bumi. Bangunannya batu bata emas dan perak, debu pasirnya minyak ambar, dan debu perekatnya misik. Di surge ‘Adn terdapat sungai-sungai yang mengalir ke seluruh surga, kerikil-kerikil sungai tersebut terbuat mutiara, sedangkan airnya sejuk melebihi es, manis melebihi madu. Dan di surga ‘Adn pula terdapatnya telaga Kautsar, yakni telaga Nabi Muhammad saw. Di dalamnya pula terdapat sungai kafur/kapur barus, sungai tasnim, salsabil dan rahiqul.

Surga dan Neraka adalah pilihan kita, untuk mencapai keduanya juga sudah ada petunjuknya, salah satu petunjuk untuk tidak masuk ke neraka tapi masuk ke surga adalah sebagaimana disabdakan oleh Nabi saw :

“ Siapa mengantar tamunya tujuh langkah, Allah menutup darinya tujuh pintu neraka, dan apabila mengantarnya 8 langkah, Allah membuka untuknya delapan pintu surga hingga ia masuk ke dalamnya dari pintu mana saja yang ia suka. (Haqaiq)

(sumber DURATUN NASIHIN)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s